Genjot Nilai Tambah, PTK-PIS Teken Kerja Sama Docking Kapal

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:42 WIB
loading...
Genjot Nilai Tambah, PTK-PIS Teken Kerja Sama Docking Kapal
PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani HoA kerja sama kegiatan pengedokan (docking) kapal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani Head of Agreement (HoA) tentang kerja sama dalam kegiatan pengedokan (docking) kapal.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Direktur Armada PIS I Putu Puja Astawa dan Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan, di Kantor Pusat PTK, Jumat (24/6) lalu.



"Apresiasi kami pada PT Pertamina International Shipping selaku induk usaha dari PTK yang senantiasa mendukung sinergitas dalam lingkungan subholding Integrated Marine Logistic," ujar Dirut PTK Nepos MT Pakpahan, dalam siaran pers, Selasa (28/6/2022).

Nepos menjelaskan bahwa fasilitas Dockyard Sorong milik PTK, yang akan mendukung kerja sama pengedokan kapal ini, sudah mumpuni untuk memberikan layanan namun tetap akan menjalankan upaya untuk menjadi lebih handal dan efisien. Misalnya melalui pengelolaan cost yang baik hingga mencapai titik optimal dan kompetitif.

Kerja sama ini, jelas dia, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalisasi sumber daya manusia, peralatan, sarana dan fasilitas yang dikelola oleh PIS dan PTK. Melalui kerja sama yang terjalin, diyakini kedua perusahaan akan memperoleh manfaat dan saling menguntungkan.

Sementara, Direktur Armada PIS I Putu Puja Astawa mengatakan bahwa HoA ini menjadi bentuk komitmen antara PTK dengan PIS. Selain pengedokan kapal, kata dia, sudah ada komitmen yang sebelumnya berjalan, yaitu untuk kegiatan ship chandler.

"HoA ini juga menjadi challenge bagi PTK untuk menjalankan pengedokan kapal yang jumlahnya banyak, namun harus tetap kompetitif, dari segi ketepatan waktu, harga, hingga kualitas pelaksanaan pekerjaan," ungkapnya.



Dia menambahkan, PIS juga akan selalu memberikan support dengan intens, serta dukungan koordinasi terkait pengedokan kapal tersebut. "Dengan adanya tim yang baik serta tenaga baru yang membawa semangat perubahan, diharapkan dapat menjadi kekuatan bersama dan membuktikan bahwa subholding IML bisa compete dan kuat," tambahnya.

Dengan mengutamakan prinsip kompetitif, transparan, akuntabel, dan integritas dalam kerja sama ini, tegas dia, PIS akan melaksanakan docking repair kapal-kapal milik PIS di galangan milik PTK maupun afiliasinya. Dia optimistis sinergi yang terjalin di dalam Subholding Integrated Marine Logistic ini akan terus berjalan dan saling menguntungkan semua pihak.

PTK untuk kinerja tahun 2021 mencatatkan laba bersih sebesar Rp530,5 miliar atau 102,91% dari RKAP Tahun 2021. PTK juga meraih kategori Sehat (AA) untuk tingkat kesehatan Perusahaan, menjaga tingkat Commission Days Kapal Milik rata-rata sebesar 355 hari, dan berkontribusi terhadap perbaikan Integrated Port Time Pertamina.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)