Gandeng Tencent Cloud, CMI Indonesia Bidik Peluang Bisnis Digital

Selasa, 28 Juni 2022 - 16:15 WIB
loading...
Gandeng Tencent Cloud, CMI Indonesia Bidik Peluang Bisnis Digital
Ilustrasi digitalisasi. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - CMI Indonesia (CMI) bekerjasama dengan Tencent Cloud membidik peluang digitalisasi bisnis di Indonesia. Keduanya berkolaborasi menghadirkan Cloud Network Integration Solution menjadi salah satu solusi permasalahan yang dialami perusahaan melakukan transformasi digital.

Managing Director CMI Indonesia Daniel Zhang mengatakan bahwa sebagai penyedia solusi cloud di pasar Indonesia, CMI dan Tencent bekerja sama untuk menyediakan teknologi dengan kualitas terbaik dan solusi kepada pelanggan.

"Teknologi cloud yang tumbuh begitu pesat perlu diimbangi dengan konektivitas yang bisa mendukung fleksibilitas dan agility dari cloud," ujar dia, di Jakarta, Selasa (28/6/2022).



Menurut dia CMI telah bekerja sama dengan hampir seluruh cloud provider dan SaaS provider untuk menawarkan solusi satu atap kepada customer CMI. Senior Solution Manager CMI Indonesia David Chen menambahkan di sisi network, pengalaman ekstensif yang dimiliki CMI menawarkan berbagai pilihan connectivity seperti cloud connect, SDWAN, maupun application acceleration network untuk terkoneksi ke berbagai cloud provider yang tersedia.

"CMI menyadari tantangan tersebut, sehingga menghadirkan solusi multi cloud dimana kami mengintegrasikan solusi cloud dan network menjadi satu kesatuan," jelasnya.

Sementara itu, Senior Solution Architect Tencent Cloud Paisan Areeprasertkul mengatakan bahwa kerja sama ini di lihat berdasarkan kemajuan jaringan CMI untuk menghubungkan seluruh pusat data Tencent melalui kekuatan dan kecepatan tinggi. Tencent Cloud mengembangkan akselerasi secara global untuk melayani dan meningkatkan pengalaman pengguna online.

"Tencent Cloud telah melayani bisnis di Indonesia melalui 2 pusat data lokal kami, untuk menguatkan layanan streaming video, solusi eSports, dan perbankan digital," terangnya.

Dalam rangka mensinergikan solusi cloud dan network yang ada, CMI membangun one stop portal yang diberi nama mCloud. Dalam portal tersebut, customer dapat melakukan ordering, provisioning, monitoring dan mengelola seluruh layanan cloud yang ada di satu dashboard. Ketika menggunakan Cloud Connect, pengguna mendapatkan berbagai kemudahan seperti stabilitas dan fleksibilitas dari connectivity antara customer site dan cloud provider.

"Teknologi Software Defined Network yang digunakan oleh cloud connect mempercepat waktu deployment yang dibutuhkan oleh customer, karena didukung oleh jangkauan network yang tersedia di hampir semua regional Asia pasifik, Amerika, hingga Eropa," kata David Chen.



Cloud connect juga menyediakan connectivity di hampir semua public cloud yang ada di market. Seperti Tencent Cloud, AWS, Alibaba, Microsoft Azure, Google GCP hingga Huawei CLoud. Uniknya lagi ditambah dengan ketersediaan cross border connection menuju China di mana tidak banyak provider menyediakan solusi tersebut.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)