Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Ini PR Pemerintah

Minggu, 03 Juli 2022 - 17:59 WIB
loading...
Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Ini PR Pemerintah
Terdapat beberapa hal yang harus menjadi fokus pemerintah dalam mengupayakan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mengatakan, bahwa terdapat beberapa hal yang harus menjadi fokus pemerintah dalam mengupayakan meningkatnya pertumbuhan ekonomi .

"Jika memang pemerintah ingin mendorong pertumbuhan ekonomi jauh lebih tinggi di akhir tahun nanti, maka pemerintah harus menuntaskan PR (Pekerjaan Rumah) nya perihal realisasi belanja pemerintah ," jelasnya kepada MPI, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga: Banyak Negara Incar RI untuk Investasi, Kadin: Potensinya Rp1.800 Triliun

Menurutnya pemerintah harus segera mengeluarkan serapan anggaran termasuk belanja pemerintah daerah yang masih mangkrak atau disimpan di bank. "Tentu dengan dikeluarkan anggarannya, maka pengadaan barang dan jasanya bisa dipercepat," jelasnya.

Bhima juga menyatakan, bahwa dalam menjaga pertumbuhan ekonomi terdapat resep khusus yang harus diberlakukan oleh pemerintah. "Resepnya itu adalah menjaga inflasi , meningkatkan kesempatan kerja, serta mempercepat anggaran di setiap kementerian lembaga dan pemerintah daerah. Itu PR-nya," tandasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 5 Persen, Analis: Ketidakpastian Menghantui

Diketahui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada semester I/2022 akan mencapai kisaran 4,9 hingga 5,2%. Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1754 seconds (11.210#12.26)