Dukung Transportasi Rendah Karbon, RI-Inggris Luncurkan Proyek Kota Masa Depan Rp162 Miliar

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:41 WIB
loading...
Dukung Transportasi Rendah Karbon, RI-Inggris Luncurkan Proyek Kota Masa Depan Rp162 Miliar
Pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris resmi meluncurkan proyek-proyek Kota Masa Depan Senilai Rp162 miliar, Selasa (5/7/2022). Foto/MPI/Herii Purnomo
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris resmi meluncurkan proyek-proyek Kota Masa Depan Senilai 9 juta poundsterling atau setara Rp162 miliar. Proyek kota masa depan merupakan program kerja sama di bidang transportasi hijau.

Adapun proyek tersebut merupakan tindak lanjut dari nota Kesepahaman yang telah ditandatangani antara Menteri Transportasi Inggris dan Indonesia pada Juni 2022.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, peluncuran proyek kota masa depan merupakan fase baru kerja sama dalam transportasi rendah karbon.

"Saya bangga mengumumkan peluncuran Program Kota Masa Depan ini, yang berarti mulai hari ini kami memiliki portofolio proyek baru untuk berkolaborasi erat dengan Indonesia dalam meningkatkan transportasi perkotaan, sambil mengatasi perubahan iklim,” ujarnya saat memberikan sambutan pada peluncuran kerja sama antara Indonesia dan Inggris di Westin Hotel, Jakarta, Selasa (5/7/2022).



Adapun proyek-proyek yang nantinya akan dijalankan dalam kerja sama ini antara lain, membuka peluang untuk kereta api ringan, pengembangan berorientasi transit dan perolehan nilai tanah di Semarang Raya.

Selanjutnya, mengembangkan peralihan ke transportasi rendah karbon melalui peningkatan keselamatan bagi kelompok-kelompok rentan.

Meningkatkan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan di kota-kota metropolitan pesisir, lalu dekarbonisasi transportasi inklusif di Indonesia.

Terakhir, mobilitas bersih untuk metropolitan Jakarta untuk meningkatkan tingkat tranportasi rendah karbon di seluruh kota dan melihat bagaimana pendekatan ini dapat ditingkatkan secara nasional.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)