Dukung Gernas BBI, Pertamina Siap Bina UMKM-BUMDes di Maluku Utara

Rabu, 06 Juli 2022 - 00:16 WIB
loading...
Dukung Gernas BBI, Pertamina Siap Bina UMKM-BUMDes di Maluku Utara
Kick Off Gernas BBI Maluku Utara 2022, di Sofifi, Maluku Utara, Selasa (5/7/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menandatangani komitmen dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Maluku Utara (Malut) 2022. Dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui pelatihan bagi UMKM terpilih melalui UMK Academy dan onboarding mitra usaha di Pertamina SMEXPO.

Dalam Gernas BBI Maluku Utara 2022, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bertindak sebagai campaign manager dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara selaku brand ambassador.

Sedangkan top brands yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah BUMN dan perusahaan swasta nasional seperti Pertamina, BNI, Garuda Indonesia, Telkom, Pos Indonesia, Pegadaian, BCA, Citilink, Marizarasa Sarimurni, Grab Indonesia, LinkAja, Shipper, YOKKE, Mustika Ratu dan GoTo.



"Gernas BBI Maluku Utara memiliki konsep berbeda karena kami akan melakukan mendampingan selama tiga bulan dari Juli sampai September 2022 kepada BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan penjualannya," tutur Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini, dalam acara Kick Off Gernas Maluku Utara 2022, di Sofifi, Maluku Utara, Selasa (5/7/2022).

Harlina mengatakan, Gernas BBI yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM. Dia berharap, dari Gernas BBI Malut ini seluruh pelaku usaha dan BUMDes bisa aktif dalam melaksanakan tugasnya. "

"Sehingga nantinya kami dapat memberi previlege mana pelaku usaha maupun BUMDes yang layak mendapat penghargaan," tuturnya.

Pertamina dengan Program Kemitraan yang dilakukannya akan berpartisipasi dalam peningkatan kapasitas UMKM lewat UMK Academy. Materi pelatihan ditujukan untuk mendorong pelaku usaha daerah Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Selanjutnya, UMKM terpilih akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk dan jasanya dalam Pertamina SMEXPO, serta GBBI Corner di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.



Selanjutnya, kata Harlina, akan ada agenda bussines matching, promosi pariwisata Maluku Utara, showcase produk unggulan, rangkaian kegiatan pelatihan BUMDes dan UMKM Juara dan skill up session bersama top brand pada 2 Agustus 2022. Kemudian, pada 3 September 2022 bakal digelar harvesting Gernas BBI 2022, pengumuman Champions BUMDesa dan UMKM, live selling, fashion show, fun bike, dan virtual expo.

Sementara, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarinves Odo RM Manuhutu mengatakan, tahun ini pemerintah mendorong UMKM dan BUMDes melek digital dan produk mereka dapat dibeli oleh masyarakat dalam jumlah besar. Dia berharap para kepala daerah di Maluku Utara mempercepat realisasi belanja produk dalam negeri.

"Presiden memberikan arahan kepada kepala daerah agar belanja produk dalam negeri, utamanya dari UMKM minimal 40% dari APBD. Berdasarkan data LKPP dan BPKP, realisasi produk dalam negeri di Malut masih terbilang rendah, tertinggi baru 14,85% di Kota Tidore Kepulauan," paparnya.

Sekretaris Daerah Maluku Utara Samsuddin A Kadir menegaskan, Provinsi Maluku Utara menyambut baik penyelenggaraan Gernas BBI tersebut. "Hadirnya para Top Brands dan Mitra Kerja Sama Gernas BBI Tahun 2022 di Provinsi Maluku Utara akan memotivasi UMKM dalam memasarkan produknya," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)