Perbandingan Harga BBM Pertamina dan Shell di Indonesia, Bedanya Lumayan

Kamis, 07 Juli 2022 - 14:58 WIB
loading...
Perbandingan Harga BBM Pertamina dan Shell di Indonesia, Bedanya Lumayan
BBM atau Bahan Bakar Minyak menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - BBM atau Bahan Bakar Minyak menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat . Tidak hanya di Indonesia, di negara luar pun BBM masih menjadi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.

Di Indonesia, mungkin secara umum orang akan mengenal Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina untuk mengisi BBM. Namun, rupanya bukan hanya Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki SPBU, banyak juga perusahaan asing yang turut membuka SPBU di Indonesia. Salah satunya adalah Shell .

Baca juga : Harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, BP dan Vivo, Siapa Termurah?

Hanya saja, mungkin untuk Shell baru menjangkau beberapa kota atau daerah di Indonesia. Berbeda dengan Pertamina yang sudah cukup tersebar di penjuru Indonesia.

Lantas, bagaimanakah perbandingan harga BBM antara Pertamina dan Shell? Berikut ulasannya dilansir dari masing-masing laman resminya :

1. Pertamina

Pada produknya, Pertamina memiliki sederet BBM dengan kandungan dan harga yang berbeda-beda. Ada Pertamax, Pertalite, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, hingga Dexlite.

Pada jenis bbm, istilah yang sering muncul adalah Research Octan Number atau RON. Semakin tinggi kandungan oktannya, maka semakin bagus pula kualitas BBM tersebut.

Pertamax memiliki nilai RON 92, sedangkan Pertamax Turbo memiliki RON hingga 98. Kemudian, untuk Pertalite sendiri memiliki nilai RON 90.

Berbeda dengan gasoline yang dilihat dari RON, kualitas gasoil diukur dari nilai Cetane Number (CN). Dexlite memiliki nilai CN 51, sedangkan Pertamina Dex atau Pertadex memiliki CN 53.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)