Kadin Dorong Transformasi Ekonomi Digital UMKM Masuk Agenda Presidensi G20 dan B20

Jum'at, 08 Juli 2022 - 17:27 WIB
loading...
A A A
"Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka Indonesia juga perlu mengatasi berbagai tantangan berupa ketimpangan infrastruktur digital," ucap Arsjad.

Dia berujar, penetrasi internet memang tumbuh secara pesat, namun faktanya hanya 36 persen dari orang dewasa di kawasan pedesaan yang bisa mengakses internet. Secara geografis, hasil ini memang tidak merata di Indonesia karena penetrasi internet secara kuat berkorelasi dengan pendapatan per kapita.

"Sekarang kita berada di revolusi industri 4.0 yang membuat kita harus menyadari apabila kita tidak siap membangun sumber daya manusia, maka revolusi industri ini akan bisa berubah menjadi revolusi sosial khususnya di Indonesia karena penduduknya banyak yang masih muda, tetapi kecakapan atau keterampilan mereka masih harus terus ditingkatkan," kata Arsjad.



Meskipun kalangan usaha juga bisa turut ambil bagian dalam investasi, menurut dia, pembangunan infrastruktur digital di Indonesia juga harus terus dilakukan agar bisa terhubung dan memberikan input dalam upaya revitalisasi untuk meningkatkan kemampuan. "Dan memastikan agar Indonesia memiliki cukup banyak pekerja terampil pada tahun 2030," pungkas dia.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)