Tools yang Tepat Bisa Memotret Perilaku Konsumen di Medsos Secara Akurat

Senin, 11 Juli 2022 - 18:40 WIB
loading...
Tools yang Tepat Bisa Memotret Perilaku Konsumen di Medsos Secara Akurat
Brand perlu tools yang tepat untuk mengukur perilaku konsumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Meningkatkan digital exposure melalui digital marketing adalah jalan yang harus diambil oleh brand. Melalui digital marketing , brand dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tak terbatas oleh letak geografis dan juga bisa membidik konsumen yang spesifik sebagai target promosi.

Baca juga: Viral Bukan Segalanya, Ini yang Harus Dilakukan Pengusaha Agar Bisnis Berkelanjutan

Untuk memastikan bahwa aktivitas digital yang brand lakukan sudah benar dan relevan dengan target pasarnya, maka brand membutuhkan sebuah parameter yang dapat mengukur performa upaya-upaya yang sudah mereka lakukan di media sosial. Namun sebagai hal yang relatif baru, umumnya para marketer tidak memiliki atau minim pengalaman di bidang digital marketing untuk bisa melakukan evaluasi tersebut.

Tingginya kebutuhan akan sebuah tools yang bisa digunakan untuk melihat dan menilai performa aktivitas digital di media sosial, mendorong Anton Kurnianto sebagai Business Director dan Sahri Ramadhan sebagai Head Developer untuk mengembangkan tools Matamaya.

Anton mengatakan Matamaya merupakan social media monitoring performance dan listening tools yang bisa digunakan untuk melihat performa sebuah brand di semua aset media sosial (Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dan Youtube). Tidak hanya sampai di situ, Matamaya juga menyediakan unduhan berupa data olahan yang berformat pptx untuk mempermudah marketer dalam mempresentasikan data, ataupun format xlsx sebagai sumber data untuk membuat grafik sesuai kebutuhan.

"Singkat kata, Matamaya merupakan tools yang memudahkan marketer memperoleh data segala brand dari semua aset media sosial secara cepat dan akurat,” jelas Anton.

Tools yang Tepat Bisa Memotret Perilaku Konsumen di Medsos Secara Akurat


Sementara itu, Surya Dharmanto, Marketing Manager dari Palmia dan Happy Soya Oil, mengungkap pengalamannya sebagai pengguna tools Matamaya. Menurut Surya dalam memaksimalkan digital campaign sebagai strategi bisnis, pihaknya perlu menganalisis result dari aktivitas digital, sekaligus melakukan perbandingan dengan aktivitas digital yang dijalankan kompetitor.

"Kendalanya adalah banyak platform media sosial yang digunakan oleh konsumen, mengharuskan kami untuk menggali data dari banyak platform yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat proses analisis data menjadi lama dan repot. Di sini Matamaya hadir sebagai solusi bagi para marketer untuk bisa memantau aktivitas digital dari campaign mereka ataupun kompetitor dengan mudah, efektif, dan efisien,” jelas Surya.

Pada dasarnya, Matamaya merupakan jawaban atas minimnya tools buatan lokal yang memiliki technical support dan kemampuan kustomisasi report yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1808 seconds (10.55#12.26)