Didampingi Megawati, Jokowi Akan Resmikan Gedung Sarinah Sore Ini

Kamis, 14 Juli 2022 - 17:01 WIB
loading...
Didampingi Megawati, Jokowi Akan Resmikan Gedung Sarinah Sore Ini
Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan gedung Sarinah di kawasan Jakarta Pusat pada hari ini. Foto/MPI/Anggie Ariesta
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan gedung Sarinah di kawasan Jakarta Pusat pada hari ini. Rencananya Kepala Negara akan didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden RI periode 2001-2004 Megawati Soekarno Putri.

"Bismillah, untuk hasil transformasi kreasi ikonik Bung Karno yang telah kita perjuangkan dua tahun ini. Insya Allah peresmian Sarinah oleh Presiden @jokowi hari ini berjalan lancar. Amin," ungkap Erick melalui akun Instagramnya, Kamis (14/7/2022).

Peresmian gedung Sarinah nantinya menandakan kembalinya masa kejayaannya yang dibangun oleh Presiden Soekarno.



Di mana, sang proklamator menginginkan Indonesia memiliki pusat perbelanjaan modern yang diintegrasikan atau didasarkan pada kultur bangsa Indonesia.

Usai peresmian, Sarinah akan memperjuangan produk-produk Indonesia yang berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dipasarkan di kancah global. Produk tersebut beragam, dua di antaranya adalah coklat dan yang sudah dikurasi oleh pihak berwenang.

Di sisi bisnis, PT Sarinah nantinya menyediakan tempat bagi UMKM di Gedung Sarinah. Bahkan, manajemen pelat merah ini akan berupaya agar produk-produk UMKM mampu bersaing di pasar global.

Meski begitu, dalam skema bisnis baru ini, manajemen tetap mengakomodir produk asing. Namun dengan catatan, pelaku pasar dari produk asing bisa bekerja sama dengan UMKM.



Menjelang peresmian gedung hasil kreasi Bung Karno itu, Erick Thohir memimpin langsung kesiapannya. Menurut dia, persiapan dilakukan agar fasilitas betul-betul memadai bagi pelaku UMKM dan para komonitas.

Gedung Sarinah resmi dibuka kembali pada Maret 2022 lalu, usai ditutup karena proses renovasi gedung. Pembukaan pusat perbelanjaan di kawasan Thamrin-Sudirman ini diresmikan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham dan PT Sarinah (Persero) selaku manajemen.



Lauching gedung Sarinah dibuka langsung oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Tedi Bharata sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, dan Fetty Kwartati selaku Direktur Utama Sarinah.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)