Penerima Dana Abadi Pendidikan Diharapkan Cetak SDM Unggul

Jum'at, 15 Juli 2022 - 14:20 WIB
loading...
Penerima Dana Abadi Pendidikan Diharapkan Cetak SDM Unggul
Ilustrasi. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hingga akhir tahun ini diproyeksikan bisa mencapai Rp 120 triliun. Dana tambahan hasil pengelolaan dana abadi tersebut digunakan untuk membiayai kebutuhan pengembangan sumber daya manusia.

Total dana abadi di bidang pendidikan yang dikelola pemerintah sejak tahun 2010 hingga 31 Maret 2022 mencapai Rp 99,1 triliun. Dengan rencana penambahan, total dana abadi akan mencapai Rp 120 triliun tahun ini. Melalui dana abadi tersebut telah banyak mahasiswa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di berbagai universitas terkemuka di luar negeri.

Baca Juga: Profil Direktur Utama LPDP Andi Hadiyanto, Lulusan UGM dan Peraih Satyalancana

Rektor President University Chairy mengatakan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa LPDP di luar negeri. Selain meningkatkan kemampuan akademis dan memperluas wawasan akademis dapat mengasah keterampilan berbahasa asing hingga membangun jejaring di lingkungan internasional. "Maka, ketika mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri, manfaatkan sebaik-baiknya," kata dia, di Jakarta, baru-baru ini.

Penerima beasiswa di antaranya para mahasiswa President University yang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Mereka tersebar di berbagai perguruan tinggi di luar negeri, di antaranya National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taiwan.

Sejumlah mahasiswa lainnya berhasil kuliah di berbagai kampus di Asia dan Eropa, seperti di Hanyang University, Korea Selatan, University of Padua, Italia, University of Szeged di Hungaria, University College London, United Kingdom, dan Palacky University Olomouc di Czech Republic.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Soal Janji Kampanye Jokowi di Bidang Pendidikan

Tak hanya itu, ada juga yang masuk di Columbia University, Amerika Serikat (AS). Columbia University merupakan salah satu universitas terkemuka di dunia. "Kami akan membantu dan memfasilitasi agar mereka, bahkan termasuk dosen, mendapat kesempatan mengikuti perkuliahan di luar negeri, termasuk untuk meraih gelar S2 atau S3," kata Chairy.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikesempatan terpisah mengatakan bahwa penerima beasiswa LPDP harus berkontribusi pada negara. Beasiswa LPDP bersumber dari APBN. "Seluruh penerima beasiswa LPDP punya tanggung jawab besar membawa Indonesia ke level atas," kata dia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1853 seconds (11.252#12.26)