Eropa Kehabisan Gas Rusia, Maaf! Indonesia Belum Bisa Kirim LNG

Sabtu, 16 Juli 2022 - 14:01 WIB
loading...
Eropa Kehabisan Gas Rusia, Maaf! Indonesia Belum Bisa Kirim LNG
SKK Migas menyatakan, Indonesia telah menerima permintaan gas dari beberapa negara Eropa ketika kawasan itu sedang krisis gas usai Rusia menutup keran pasokan dari Nord Stream 1. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, Indonesia belum bisa membantu Eropa untuk pengiriman gas alam cair atau Liquefied Natural Gas ( LNG ). Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas , Arief Setiawan Handoko mengatakan, bahwa Eropa saat ini tengah menghadapi situasi krisis gas pasca Rusia menyetop suplainya.

Handoko membeberkan, Indonesia saat ini telah menerima permintaan beberapa negara Eropa karena terbatasnya pasokan gas dari Rusia. "Cuman memang sayangnya suplai gas kita untuk bisa deliver LNG ke sana (Eropa) saat ini memang belum bisa kita upayakan," ujar Arief dikutip Sabtu (16/7/2022).



Indonesia juga sudah terikat kontrak eksisting dengan sejumlah perusahaan Eropa untuk penjualan gas. "Misal Total, tapi lewat perusahaan yang ada di Singapura. Itu juga kita sudah salurkan dengan kontrak yang sudah ada. Tapi untuk yang lainnya kita memang belum bisa merealisasikan, deliver LNG," ujarnya

Berdasarkan informasi, Rusia telah menangguhkan operasional pipa gas utama ke wilayah Eropa. Aliran gas Rusia ke Jerman melalui pipa Nord Stream 1 Laut Baltik telah dihentikan.



Rusia mulai awal pekan kemarin waktu setempat mulai mematikan aliran gas yang melalui Nord Stream 1 ke Jerman , karena adanya perbaikan. Namun keputusan ini membuat para pejabat Jerman khawatir bahwa pasokan gas Rusia bakal diputus secara permanen setelah perbaikan selesai.

Jika benar Rusia menghentikan aliran gas secara total, bakal berpotensi menghadirkan bencana ekonomi bagi Jerman. Para pejabat Jerman mengaku, belum mengetahui apakah monopoli ekspor gas yang dikendalikanGazprom akan memulai kembali pengiriman melalui Nord Stream 1 setelah periode pemeliharaan berakhir pada 21 Juli.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)