4 Pengusaha Muslim Terkaya di Indonesia, Nomor 4 Putera Asli Dayak

Senin, 18 Juli 2022 - 17:19 WIB
loading...
4 Pengusaha Muslim Terkaya di Indonesia, Nomor 4 Putera Asli Dayak
(Atas kiri-kanan) Chairul Tanjung (CT) dan Boy Thohir. (bawah kiri-kanan) Aksa Mahmud dan Abdul Rasyid. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah pengusahamuslim masuk jajaran orang terkaya di Indonesia dengan harta mencapai puluhan triliun rupiah.

Kekayaan para crazy rich ini diketahui bersumber dari bisnis-bisnis berskala besar yang mereka miliki. Bidang usaha yang dijalankan para konglomerat muslim terkaya juga beragam, di antaranya ritel, bank, properti, batu bara, semen, media.



Kekayaan triliunan yang dikantongi parataipan tersebut tidak didapat secara instan. Mereka meraihnya berkat kepiawaian dalam berbisnis dan tentunya kerja keras puluhan tahun.

Berikut ini 4 pengusaha muslim terkaya di Indonesia yang dihimpun SINDOnews dari Forbes dan sumber lainnya, Senin (18/7/2022):

1. Chairul Tanjung
Nama Chairul Tanjung atau CT dalam beberapa tahun terakhir konsisten masuk daftar 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Pada akhir 2021, pengusaha kelahiran 16 Juni 1960 itu memiliki kekayaan mencapai USD5,5 Miliar atau sekitar Rp79,04 triliun.

Jumlah itu terus meningkat menjadi USD5,9 miliar atau setara Rp87,91 triliun (asumsi kurs Rp14.900 per dolar AS) merujuk data Forbes per 17 Juli 2022.

Pria yang semasa kecil dijuluki “Anak Singkong” atau yang berarti “Anak Kampung” ini merupakan pemilik CT Corp, korporasi raksasa yang menaungi berbagai unit bisnis seperti PT Trans Media Corp, PT Mega Corpora, dan lainnya.

Gurita bisnisnya tersebar di banyak sektor, mulai dari media, perbankan dan kartu kredit, supermarket, hingga bisnis waralaba sejumlah merek terkenal seperti Wendy’s, Versace, Mango dan Jimmy Choo.

Pengusaha yang pernah menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian di masa pemerintahan Presiden SBY itu juga punya saham di industri penerbangan nasional, yaitu Garuda Indonesia. Seiring pesatnya digitalisasi, CT juga merambah bisnis bank digital melalui Allo Bank.



2. Garibaldi Thohir
Nama Garibaldi Thohir masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2021. Pengusaha asal Bandar Lampung ini berada di urutan ke-17 dengan angka kekayaan mencapai USD2,6 miliar atau setara Rp38,7 triliun jika menggunakan kurs saat ini.

Garibaldi Thohir atau kerap disapa Boy Thohir merupakan pengusaha nasional dan investor yang cukup terkemuka di Tanah Air.

Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini dikenal sebagai pengusaha dan eksportir batu bara melalui PT Adaro Energy Tbk (ADRO), perusahaan yang dikembangkannya bersama Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi.

Boy Thohir menjadi salah satu pendiri perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor yaitu Wahana Ottomitra Multiartha atau dikenal dengan WOM Finance pada 1997. Pria kelahiran 1 Mei 1965 ini juga memiliki saham di Merdeka Gold Copper, Nusantara Pelabuhan Handal, dan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia.

Boy Thohir juga menjejakkan kakinya di bisnis digital, di mana dia menjabat komisaris Gojek dan berinvestasi di startup gaya hidup islami Umma. Tak hanya itu, keluarganya juga menjalankan bisnis restoran dan perhotelan.



3. Aksa Mahmud
Namanya mungkin agak asing di telinga masyarakat Indonesia, namun bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) Aksa Mahmud sangat dikenal sebagai pengusaha muda dan politikus sukses.

Ragam bisnis dari pemilik dan pendiri Bosowa Corp ini mencapai puluhan, mulai dari semen, properti, otomotif, logistik, jasa keuangan, infrastruktur, pertambangan, energi hingga media. Aksa juga menggarap agribisnis, termasuk 100.000 hektare sawah di Papua.

Mengawali bisnis sebagai dealer Datsun pada 1970-an, pundi kekayaan pengusaha kelahiran 1945 itu sebagian besar didapat dari produksi semen Bosowa. Nama Bosowa sendiri berasal dari 3 kerajaan Bugis yaitu Bone, Soppeng, dan Wajo.

Diketahui, Aksa Mahmud pernah menjual 23% sahamnya di PT Nusantara Infrastructure Tbk. Dari hasil penjualan tersebut, Ipar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) itu membangun pabrik semen kedua di Maros, Sulsel.

Berdasarkan penelusuran SINDOnews, Aksa Mahmud pernah masuk daftar 50 orang terkaya RI versi Forbes sejak tahun 2013 dengan jumlah kekayaan USD780 juta dan meningkat menjadi USD860 juta pada 2014.

Tahun 2019, Aksa Mahmud ada di urutan 44 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan kekayaan mencapai USD710 juta atau setara Rp10,5 triliun dengan kurs saat ini. Namun, namanya terlempar dari senarai 50 orang terkaya pada 2020 hingga saat ini.

Selain piawai berbisnis, sosok pekerja keras ini juga sukses di ranah politik, di mana dia pernah menjabat Wakil Ketua MPR periode 2004-2009.



4. Abdul Rasyid
Abdul Rasyid dikenal sebagai juragan kayu dan juga pendiri perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).

Pengusaha asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng) itu juga merupakan pemilik Citra Borneo Indah (CBI) Group yang membawahi SSMS dan PT Citra Borneo Utama (CBU).

Selain perkayuan dan kelapa sawit, taipan yang disebut-sebut sebagai putera asli Dayak terkaya ini juga mengelola peternakan sapi modern skala besar dan yayasan Abdul Rasyid Foundation.

Pada 2014, Abdul Rasyid menjadi pendatang baru di daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes, tepatnya di peringkat 41 dengan kekayaan USD805 juta atau sekira Rp9,9 triliun.

Namun, pada 2018 dia merosot ke peringkat 50 dan kekayaannya pun menyusut menjadi USD600 juta atau setara Rp8,7 triliun. Hingga akhirnya pada 2019, nama Abdul Rasyid tak lagi masuk daftar 50 orang terkaya di Tanah Air.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)