Dorong Wirausahawan Pertanian, Kementan gelar Workshop Business Motivation Pathways

Senin, 18 Juli 2022 - 20:33 WIB
loading...
Dorong Wirausahawan Pertanian, Kementan gelar Workshop Business Motivation Pathways
Kepala SMKPPN Banjarbaru Budi Santoso berharap Workshop Business Motivation Pathways memotivasi peserta menjadi wirausahawan pertanian yang terampil, berkualitas untuk ide gagasan usaha dan cara memulainya.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mewujudkan regenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial di sektor pertanian. Untuk merealisasikan program tersebut, Kementan mendapat dukungan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Adapun program yang diusung yakni Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). IFAD menggelontorkan dana sekitar USD55,3 juta untuk program selama enam tahun mulai 2019-2025.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) sebagai Penanggung Jawab Program YESS gencar melaksanakan Program YESS. Program tersebut dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

(Baca juga:Jaga Keseimbangan Sistem, Kementan Perkuat Regenerasi Petani)

Hal tersebut sebagai upaya pengejawantahan instruksi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang memerintahkan untuk terus memfasilitasi generasi muda pertanian agar bisa terjun menjadi petani serta wirausahawan pertanian.

“Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini,” kata Mentan Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7/2022).

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS. Pertama, Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di perdesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian.

(Baca juga:Visa Pertanian Australia dan Regenerasi Petani Indonesia)

“Kedua, sasaran dari Program YESS yakni pemuda yang harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” katanya.

Dalam rangka mempertajam pengetahuan dan keahlian para petani milenial yang sudah terdaftar sebagai Calon Penerima Manfaat (CPM) pada Program YESS, maka Sekolah Menengah Kejuruan - Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Projects Provincial Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar pelatihan mendapatkan ide bisnis dan memulai bisnis, yaitu Workshop Business Motivation Pathways.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)