Sandiaga Uno Puji Karya Kreatif Pengukir Kayu Tunawicara

Senin, 18 Juli 2022 - 10:45 WIB
loading...
Sandiaga Uno Puji Karya Kreatif Pengukir Kayu Tunawicara
Menparekraf Sandiaga Uno dalam serangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Cilegon, Banten. FOTO/Istimewa
A A A
CILEGON - Menparekraf Sandiaga Uno terlihat emosional saat bertemu Ikbal Taupik (32), seorang pengukir kayu di Cilegon, Banten. Nada suaranya bergetar dan matanya berkaca-kaca saat mendengar kisah Ikbal yang juga seorang tunawicara.

Ikbal merupakan satu dari 27 peserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di Cilegon Center Mall. Awalnya, Sandiaga mengajak Ikbal dan kerabatnya yang bernama Ozi Iskandar (24) untuk berbincang-bincang di atas panggung.

"Kita ingin dengar sebuah cerita bagaimana Ikbal yang mungkin dibilang berkebutuhan khusus, berketerbatasan tapi justru keterbatasan ini tidak membatasi kreativitasnya dan semangat Ikbal ini. Mudah-mudahan Mas Ozi bisa memberikan bantuan untuk kita berkomunikasi dengan Ikbal," ujar Sandiaga di lokasi, Minggu (17/7/2022).



Ozi yang mendampingi Ikbal bercerita kerabatnya itu berasal dari keluarga kurang mampu dan gemar mengukir kayu. Ozi menyampaikan, Ikbal juga kerap ditipu hingga dijanjikan diberikan bantuan.

Sandiaga Uno Puji Karya Kreatif Pengukir Kayu Tunawicara


"Pernah ada seseorang yang memberikan harapan ke A Ikbal bahwa nanti ada bantuan dengan cara memfoto hasil karya A Ikbal. Difoto terus diajukan ke dinas terkait tapi ketika udah cair uangnya, orangnya ilang, ga dikasih uangnya," ucap Ozi ke Sandiaga.

Kendati begitu, Ikbal terus berusaha bangkit dan berusaha hingga akhirnya memiliki brand 'Iqbal Art'. Sandiaga pun memuji sosok Ikbal. "Mungkin ini banyak yang mencibir Ikbal dengan kebutuhan khususnya, tapi justru dia bisa menghasilkan karya yang luar biasa seperti ini," kata Sandiaga dengan nada suara bergetar.



Dalam kesempatan itu, Ikbal juga memberikan ukiran kayu berwajah Sandiaga Uno. Menparekraf pun memuji buah tangan Ikbal. "Saya sangat bangga dengan hasil ukirannya dan saya ingin beli ini," tutur Sandiaga.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)