Meski Standar Penyaluran agak Ketat, BI Optimistis Kredit di Triwulan III Tumbuh Positif

Selasa, 19 Juli 2022 - 11:12 WIB
loading...
Meski Standar Penyaluran agak Ketat, BI Optimistis Kredit di Triwulan III Tumbuh Positif
Penyaluran kredit bank di triwulan III diperkirakan tumbuh positif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia ( BI ) Erwin Haryono menyampaikan bahwa survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan penyaluran kredit baru secara triwulanan (qtq) pada triwulan II 2022 tumbuh positif.

Baca juga: Bank Indonesia Bisa Jual Koleksi Surat Utangnya, buat Apa?

Hal ini terindikasi dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) kredit baru sebesar 96,9%, lebih tinggi dibandingkan SBT 64,8% pada triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis penggunaan, tecermin dari nilai SBT yang tercatat positif. Pada triwulan III 2022, penyaluran kredit baru diprakirakan tetap terjaga tumbuh positif, terindikasi dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 95,7%," ujar Erwin di Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Standar penyaluran kredit pada triwulan III 2022 diprakirakan sedikit lebih ketat dibandingkan periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) positif sebesar 1,9%, berbeda dengan -0,3% pada triwulan sebelumnya. Aspek kebijakan penyaluran kredit yang diprakirakan lebih ketat antara lain, yaitu plafon kredit, jangka waktu kredit, premi kredit berisiko, dan agunan.

Baca juga: Hukum Menikahi Pelacur, Bolehkah? Begini Penjelasannya

"Hasil survei menunjukkan responden tetap optimistis terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Responden memprakirakan pertumbuhan kredit pada 2022 sebesar 9,2% (yoy) atau meningkat dibandingkan 5,2% (yoy) pertumbuhan pada 2021," pungkasnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1868 seconds (11.210#12.26)