Muhammad Yusrizki: 76% Penggunaan Energi Industri Belum Tersentuh Transisi Energi

Rabu, 20 Juli 2022 - 12:42 WIB
loading...
Muhammad Yusrizki: 76% Penggunaan Energi Industri Belum Tersentuh Transisi Energi
Kadin dorong sektor industri terapkan transisi energi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menyoroti masih minimnya penggunaan energi terbarukan di sektor industri. Berdasarkan laporan 76% industri belum memulai transisi energi.

"Kita lupa bahwa bentuk energi final yang dikonsumsi sektor industri tidak hanya listrik akan tetapi juga bahan bakar," Ketua Komite Tetap Energi Baru dan Terbarukan Kadin Muhammad Yusrizki dalam kegiatan International Renewable Energy Agency (IRENA)-Indonesia G20 Energy Transition Investment Pre-Forum Meeting di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Selasa (19/06/2022).



Berdasarkan Handbook of Energy & Economy Statistics of Indonesia yang diterbitkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) keseluruhan konsumsi energi sektor industri sebesar 23,1% dari sumber energi listrik, batu bara 33% dan bahan bakar minyak 43%. Dengan demikian, pihaknya mengajak pemangku kepentingan, terutama kalangan industri untuk bersama-sama menjalankan transisi energi. "Transisi energi di sektor industri yang secara proporsional lebih besar dan menjadi peluang investasi berkelanjutan," kata dia.



Dia mengungkapkan penggunaan energi rendah di sektor industri karbon akan membantu pemerintah mengejar target net zero emission. Terkait harga bisa dirembug antara industri dengan Kementerian ESDM. "Bagi industri dapat menghitung manfaat yang mereka bisa dari EBT. Saya yakin banyak cara yang bisa dilakukan oleh Kementerian ESDM apabila mereka melihat urgensi di sektor industri," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4115 seconds (0.1#10.140)