Perkuat Jajaran Manajemen, RUPS MNC Bank Setujui Susunan Komisaris dan Direksi Baru

Rabu, 20 Juli 2022 - 13:25 WIB
loading...
Perkuat Jajaran Manajemen, RUPS MNC Bank Setujui Susunan Komisaris dan Direksi Baru
PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) menggelar RUPS menyetujui pergantian direksi hingga komisaris untuk memperkuat jajaran manajemen. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) secara bersamaan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam RUPST yang digelar hari ini tersebut, pemegang saham menyetujui pergantian direksi hingga komisaris perusahaan.

Pengangkatan dan pergantian jajaran Komisaris serta Direksi ini merupakan salah satu strategi Perseroan untuk memperkuat struktur organisasi serta meningkatkan tata kelola perusahaan. "Kami yakin dengan jajaran Komisaris dan Direksi yang baru, bisnis MNC Bank akan tumbuh lebih pesat. Dengan begitu, MNC Bank bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada nasabah," kata Direktur MNC Bank Hermawan, di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Layanan, MNC Bank (BABP) Relokasi Kantor Cabang Pembantu Kelapa Gading

Pemegang saham menyetujui pengangkatan Rita Montagna Siahaan selaku Presiden Direktur, Denny Setiawan Hanubrata selaku Wakil Presiden Direktur, Reinard Y. Seno Setiaji selaku Direktur Kepatuhan dan Frederikus P. Weoseke selaku Komisaris Indpenden.

Perseroan juga telah menerima pengunduran diri Mahdan sebagai Presiden Direktur, dan untuk selanjutnya Mahdan akan mengemban tugas selaku Komisaris Perseroan. Pengangkatan Rita Montagna Siahaan, selaku Presiden Direktur, Denny Setiawan Hanubrata selaku Wakil Presiden Direktur dan Mahdan selaku Komisaris berlaku efektif setelah lulus fit and proper test dari OJK.

Pada acara yang sama, pemegang saham juga menyetujui Laporan Tahunan Direksi Perseroan, Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan, Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2021, serta Penggunaan Laba tahun 2021 yang seluruhnya dibukukan sebagai laba ditahan.

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi MNC Bank.

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris (Independen) : Ponky N. Pudijanto
Komisaris : Peter Fajar
Komisaris : Mahdan
Komisaris Independen : Frederikus P. Weoseke

Dewan Direksi

Presiden Direktur : Rita Montagna Siahaan
Wakil Presiden Direktur : Denny Setiawan Hanubrata
Direktur : Hermawan
Direktur : Tee Teddy Setiawan
Direktur Kepatuhan : Reinard Y. Seno Setiaji

Di sisi lain, selama 2021 MNC Bank meraih banyak capaian positif. Salah satunya di bidang tata kelola, MNC Bank memperoleh Peringkat Komposit 2 (PK-2) atau baik dalam Penilaian Tingkat Kesehatan Bank (PTKB) per Desember 2021 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Capaian ini menunjukan bahwa MNC Bank menjalankan proses perbankan secara prudent dan mengedepankan tata kelola atau good corporate governance, sehingga mampu menjaga kinerja positif," ungkap Hermawan.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertukar, Ketahui Perbedaan Tabungan dan Deposito

Berdasarkan laporan MNC Bank tercatat membukukan laba bersih sebesar Rp12,8 miliar sepanjang 2021, meningkat 23,57% secara tahunan atau year on year (yoy) dibanding tahun 2020 sebesar Rp 10,4 miliar. Hal ini didorong oleh kenaikan pendapatan bunga, dari Rp 969,8 miliar menjadi Rp 979,9 miliar atau naik 1,05% dari tahun sebelumnya, dan penurunan Cost of Fund, yang menghasilkan pendapatan bunga bersih sebesar Rp 427,5 miliar, tumbuh 10,9% dibandingkan Rp 385,3 miliar pada tahun 2020.

Kinerja MNC Bank juga diakui melalui beberapa penghargaan seperti tujuh penghargaan dalam ajang 11th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2022. Salah satu penghargaan yang dibawa pulang adalah Best Overall Bank Digital. Penghargaan ini diberikan karena MotionBanking memiliki nilai indeks tertinggi dalam survei majalah tersebut. MotionBanking adalah aplikasi digital banking dari MNC Bank untuk menghadirkan layanan perbankan secara lebih dekat.

Keberhasilan tersebut tercermin dari beberapa langkah progresif yang diambil MNC Bank selama 2021 seperti digital onboarding di MotionBanking. Nasabah cukup menyiapkan KTP elektronik (e-KTP) dan selfie. Dengan e-KYC, pembukaan rekening MotionBanking hanya memakan waktu singkat.

MotionBanking juga punya fitur transfer, login biometrik, top-up e-wallet, pembayaran aneka tagihan dan kartu kredit, pengajuan cicilan kartu kredit, pengajuan pinjaman online, setor tunai di kantor pos, dan yang paling terbaru, pembukaan deposito online. Lewat deretan fitur tersebut, memungkinkan nasabah untuk mengelola keuangannya dengan mudah dan mengkokohkan posisi MotionBanking sebagai layanan perbankan digital terbaik di Indonesia selama tahun 2021.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1512 seconds (10.55#12.26)