MNC Sekuritas Resmikan Galeri Investasi Digital Syariah BEI Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Cianjur

Jum'at, 22 Juli 2022 - 15:41 WIB
loading...
MNC Sekuritas Resmikan Galeri Investasi Digital Syariah BEI Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Cianjur
MNC Sekuritas meresmikan Galeri Investasi Digital Syariah (GIDS) BEI Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Cianjur pada Jumat (22/07/2022). FOTO/MNC Media
A A A
CIANJUR - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan komitmen pengembangan pasar modal Indonesia, MNC Sekuritas aktif berekspansi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk melalui peresmian Galeri Investasi untuk menggarap investor milenial dan menanamkan kesadaran berinvestasi sejak dini.

MNC Sekuritas meresmikan Galeri Investasi Digital Syariah (GIDS) BEI Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Cianjur pada Jumat (22/07/2022). Acara peresmian ini dihadiri secara virtual oleh Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 4 dan Perizinan Kantor Regional 2 Jawa Barat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Widhi Setyanto, Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi, Ketua Umum Pengurus Daerah MES Cianjur Herlan Firmansyah, dan Head of Investment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal.

Baca Juga: Edukasi Mahasiswa, MNC Sekuritas Buka Galeri Investasi Syariah di Universitas Binawan

Head of Investment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal menyampaikan, Galeri Investasi MES Cianjur merupakan Galeri Investasi Digital Syariah (GIDS) yang lahir dari kerja sama antara Bursa Efek Indonesia, MNC Sekuritas, dan MES Cianjur. Dia menjelaskan, perbedaan antara Galeri Investasi Digital dengan Galeri Investasi pada umumnya adalah layanan yang serba online dari hulu hingga hilir, tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Seluruh aktivitas Galeri Investasi Digital dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan teknologi. Misalnya, publikasi dilakukan melalui media sosial, serta aktivitas edukasi pasar modal kepada calon investor dilakukan secara virtual.

Meskipun tidak memiliki kantor fisik seperti Galeri Investasi pada umumnya, proses pembukaan rekening saham dan reksa dana tidak terkendala karena calon investor dibimbing untuk membuka rekening secara full online melalui aplikasi MotionTrade. Andri berharap, GIDS BEI MES Cianjur dapat menjadi sarana edukasi dan sumber informasi pasar modal syariah yang dapat diakses investor dari mana saja dan kapan saja. Apalagi, kini banyak investor yang merupakan kalangan muda yang sangat erat dengan teknologi.

"GIDS BEI MES Cianjur ini merupakan Galeri Investasi Digital MNC Sekuritas yang ke-2, tetapi merupakan Galeri Investasi Digital Syariah MNC Sekuritas yang pertama. Kami meyakini Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dengan jaringan organisasi terluas, baik di dalam maupun luar negeri, sejalan dengan upaya MNC Sekuritas dalam pengembangan sistem ekonomi syariah, termasuk investasi pasar modal syariah melalui aplikasi online trading MNC Sekuritas yang berbasis syariah yaitu MotionTrade Syariah, serta fitur MNC Filantropi yaitu zakat, wakaf, dan infak saham di MotionTrade Syariah," jelas Andri.

Sepanjang tahun 2021, nilai transaksi Galeri Investasi Syariah MNC Sekuritas di Jawa Barat tercatat naik signifikan sebesar 875% dibandingkan tahun 2020. Andri menyebutkan, potensi pengembangan investor syariah di wilayah Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya masih terbuka lebar. Apalagi keberadaan Galeri Investasi Digital meruntuhkan tembok pembatas wilayah dan membuka akses investasi pasar modal ke seluruh kalangan.

Pada peresmian GIDS BEI MES Cianjur tersebut, Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek
Indonesia Dedy Priadi mengemukakan, dalam 3 tahun terakhir, Pasar Modal Syariah Indonesia
berhasil mencatatkan penghargaan tingkat dunia sebagai The Best Islamic Capital Market dari Global Islamic Finance Award (GIFA).

Lihat Foto: MNC Sekuritas Bersama BEI Resmikan Galery Investasi Syariah di Universitas Binawan

Salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut adalah keberadaan Galeri Investasi Syariah (GIS) BEI yang saat ini berjumlah 104 GI Syariah BEI yang sangat aktif dalam meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal di Indonesia. Dengan keberadaan GIDS BEI MES Cianjur, diharapkan adanya sinergi dan kolaborasi antara BEI, MES Cianjur, dan MNC Sekuritas sehingga mendukung pertumbuhan jumlah investor Pasar Modal Indonesia, khususnya di Kabupaten Cianjur.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengurus Daerah MES Cianjur sekaligus Pembina GIDS MES Cianjur, Asep Muhammad Saepul Islam yang biasa disapa Mang Amsi, menyampaikan, GIDS merupakan salah satu program unggulan yang relevan dengan visi dan misi Pengurus Daerah MES Kabupaten Cianjur. Dia berharap GIDS MES Cianjur ini akan semakin meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat akan pasar modal syariah, khususnya warga Kabupaten Cianjur, sehingga memantik pertumbuhan pasar modal syariah dan mengakselerasi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1328 seconds (10.177#12.26)