Pemerintah Optimistis Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung Rampung di 2023

Selasa, 26 Juli 2022 - 15:46 WIB
loading...
Pemerintah Optimistis Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung Rampung di 2023
Pemerintah optimistis proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) dapat dioperasikan tahun depan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo optimistis proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) dapat dioperasikan pada tahun 2023, meskipun sempat dikabarkan proyek ini molor karena menipisnya dana akibat pembengkakan biaya konstruksi.

"Pihak kami bersama Kemenkomarves terus melakukan monitoring secara ketat untuk pengerjaan proyek kereta cepat. Sebagian besar konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung sudah selesai dikerjakan," ujar Wahyu, di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Gawat! 100 Batang Besi Bantalan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dicuri

Menurut dia saat ini yang tersisa adalah mengerjakan depo atau tempat untuk menyimpan dan tempat untuk melakukan perawatan rutin kereta api serta merupakan tempat untuk melakukan perbaikan ringan. "Mungkin sekarang progres pengerjaan di deponya. Stasiun-stasiun juga sudah mulai dikerjakan," ungkapnya.

Dia menegaskan pemerintah terus berkomitmen proyek kereta cepat harus segera dioperasikan. "Mudah-mudahan di tahun 2023 bisa jalan," tambahnya.

Baca Juga: Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Membengkak hingga Tembus Rp16,8 Triliun

Terkait pembengkakan biaya, konstruksi atau cost over run untuk pengerjaan kereta cepat Jakarta - Bandung masih menjadi pembahasan lanjutan. Hal ini lantaran mitra pembangunan kereta cepat, yaitu China Development Bank (CDB) meminta agar pembengkakan biaya ditanggung pemerintah.

"Terkait ini, teman-teman dari Kemenkeu baru membahas yang merupakan bagian kewajiban kita untuk kontribusi dalam pembangunan, bukan cost of run," pungkasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1243 seconds (10.55#12.26)