Rajin Beramal, Bill Gates Sumbangkan Hartanya Rp300 Triliun

Selasa, 26 Juli 2022 - 16:07 WIB
loading...
Rajin Beramal, Bill Gates Sumbangkan Hartanya Rp300 Triliun
Bill Gates berencana menyumbangkan harta kekayaannya untuk amal. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Pendiri Microsoft, Bill Gates berencana menyumbangkan harta kekayaannya untuk amal. Dengan menyumbangkan hartanya, Bill Gates berpotensi tergeser dari posisi orang terkaya di dunia.

Melalui akun twitternya, Bill Gates mengumumkan akan menyumbang sebesar USD 20 miliar atau setara Rp 300 triliun pada Juli ini. Adapun, dana tersebut akan diberikan kepada lembaga filantropi yang dibuat bersama mantan istrinya, Melinda Gates yang diberi nama Gates Foundation.

"Saya berencana untuk memberikan hampir semua kekayaan saya ke yayasan, dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia," kata Gates dalam akun Twitter resminya, dikutip Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Kabar Mengejutkan, Bill Gates Bersumpah Akan Keluar dari Daftar Orang Terkaya Dunia

Dalam cuitannya, Bill Gates juga menyatakan bahwa yayasan miliknya akan meningkatkan jumlah sumbangannya dari sebelumnya sebelum USD 6 miliar menjadi USD 9 miliar per tahun.

Hal tersebut, dilakukan karena ia merasa berkewajiban untuk mengembalikan sumber kekayaan tersebut kepada masyarakat. Apalagi, dunia saat ini masih berada dalam kondisi krisis Covid-19, ditambah lagi dengan adanya perang antar Rusia dan Ukraina.

"Saya harus mengembalikan harta yang saya miliki untuk mengurangi penderitaan dan meningkatkan taraf hidup. Saya harap orang lain yang juga memiliki kekayaan lebih dapat melakukan hal ini juga," kata dia.

Sebelumnya, ia sudah berencana menyumbangkan hartanya untuk beramal sejak 2010 lalu. Namun, kekayaan bersihnya saat itu meningkat dua kali lipat.

Sebagaimana diketahui, Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan mencapai USD 118 miliar atau setara Rp 1.769 triliun. Gates juga pernah menempati posisi pertama orang terkaya di dunia sejak 1995 dan 2010, kemudian pada 2013 hingga 2017.

Lihat Grafis: Bill Gates: Badai Krisis Ekonomi Global Sudah Dekat

Posisi Gates kemudian digeser oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos pada 2017. Sedangkan, pada tahun ini, posisi orang terkaya di dunia ditempati oleh CEO Tesla dan Space X, Elon Musk.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1460 seconds (10.101#12.26)