PTPN Group Distribusikan 40 Ribu Ton Minyak Goreng Murah di Semester I 2022

Selasa, 26 Juli 2022 - 17:27 WIB
loading...
PTPN Group Distribusikan 40 Ribu Ton Minyak Goreng Murah di Semester I 2022
Holding BUMN perkebunan terus meringankan beban masyarakat dengan operasi pasar minyak goreng murah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait stabilisasi dan penurunan harga minyak goreng . PTN Group berupaya agar harga minyak goreng di pasaran kembali ke level Rp14.000 per liter. Langkah perseroan untuk menurunkan harga adalah memaksimalkan proses produksi dan distribusi minyak goreng.

“PTPN Group melalui PT Industri Nabati Lestari (INL) telah memproduksi dan mendistribusikan 44.445.526 liter minyak goreng sepanjang semester I 2022,” kata Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, Selasa (26/7/2022).

Ghani menambahkan, area distribusi utama dari minyak goreng tersebut meliputi Provinsi Aceh, Sumatra Bagian Utara, dan Riau. Ketiga provinsi tersebut secara geografis berdekatan dengan lokasi pabrik PT INL. Perusahaan yang bergerak di hilir kelapa sawit ini berpusat di Kawasan Industri Sei Mangkei, Sumatra Utara.

“Salah satu kelompok sasaran pendistribusian minyak goreng murah ini adalah masyarakat yang tinggal di sekitar kebun sawit. Perusahaan berharap, masyarakat merasakan kehadiran PTPN Group terkait penyediaan minyak goreng yang terjangkau,” ujar Ghani.

Dalam proses distribusi minyak goreng ini, PT INL turut bekerja sama dengan BUMN yang bergerak dan memiliki kemampuan logistik. BUMN yang terlibat dalam kegiatan ini adalah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan PT Rajawali Nusindo.

PT PPI mampu mendistribusikan 735 ton atau setara 812.442 liter minyak goreng. Perusahaan non-BUMN yang turut terlibat dalam distribusi minyak goreng antara lain Puskopar PT Perkebunan Nusantara IV, CV Surya Alam Mandiri, CV Bintang Kemilau Sejahtera, CV Febri Pratama, PT Inti Sehat Maju Jaya, dan PT Wijaya Unfo Teknik.

Selain itu, PTPN Group juga menggelar operasi pasar untuk menyediakan minyak goreng murah di seluruh Indonesia. PTPN yang berada di wilayah Sumatra bagian utara dan Riau yaitu PTPN I, PTPN II, PTPN III, PTPN IV dan PTPN V telah menggelar operasi pasar minyak goreng sejak Januari 2022 yang lalu. Masyarakat menyambut antusias acara ini, karena harga minyak goreng curah hanya Rp13.000 per liter, berada di bawah harga pasar.

"Alhamdulillah, meskipun harus mengantre, senang bisa mendapat minyak goreng murah. Kualitasnya saya lihat ini setara yang kemasan," ujar Kamsiah, salah seorang penerima.

Program operasi pasar minyak goreng murah ini juga bertujuan menjaga keberlangsungan UMKM. Andri, seorang pedagang pecel lele di Pekanbaru, Riau, antusias dan bersyukur karena pemerintah bersama PTPN Group mampu menyediakan minyak goreng dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar.

“Kegiatan ini sangat membantu usaha saya. Lewat operasi pasar ini, kebutuhan minyak goreng, setidaknya untuk 3 hari ke depan sudah tersedia,” ujar Andri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)