Ancaman Resesi Dunia Kian Nyata, Sri Mulyani Klaim Indonesia Masih Aman

Rabu, 27 Juli 2022 - 18:22 WIB
loading...
Ancaman Resesi Dunia Kian Nyata, Sri Mulyani Klaim Indonesia Masih Aman
Menkeu Sri Mulyani memperkirakan, bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve atau The Fed sudah berencana untuk menaikkan suku bunga acuannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa dengan perkembangan dinamika global yang tak pasti, dia mewaspadai risiko resesi kian nyata. Tak hanya itu saja, kini bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve atau The Fed sudah berencana untuk menaikkan suku bunga acuannya.

"Bahkan, kemungkinannya meningkat tajam. Kita lihat ada kenaikan suku bunga yang memunculkan adanya tantangan atau ancaman resesi ," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA edisi Juli 2022 di Jakarta, Rabu (27/7/2022).



Tak hanya itu saja, Mantan Direktur Bank Dunia itu mengungkapkan, bahwa survei yang dirilis oleh Bloomberg memberikan tambahan bukti ancaman resesi yang makin nyata. Hasil survei itu menyebut bahwa probabilitas kemungkinan terjadinya resesi di Eropa kini sudah mencapai di atas 50%, yakni sebesar 55%.

Sementara itu, probabilitas resesi di China juga sudah mulai nampak. "Kita lihat China sebagai ekonomi terbesar di dunia, angka probabilitas resesi dari surveinya mencapai 20%," ungkap Sri Mulyani.



Namun, jika dibandingkan dengan negara-negara tersebut, Menkeu menilai bahwa kondisi Indonesia masih relatif lebih aman. Survei Bloomberg tersebut mencatat bahwa probabilitas Indonesia memasuki fase resesi jauh lebih kecil, masih di bawah 5%.

"Survei tersebut menyebutkan probabilitas resesi Indonesia masih 3%, jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara tersebut," pungkas Sri Mulyani.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)