Dorong UMKM Masuk ke Ekosistem Digital Melalui Pemanfaatan Teknologi

Kamis, 28 Juli 2022 - 22:02 WIB
loading...
A A A
Ketua TDA Medan 7.0 Bag Kinantan mengatakan, pihaknya telah secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang dialami sesama pegiat usaha.

“Melalui Kelas Mentoring Bisnis (KMB) TDA, kami memberikan solusi dan strategi tepat bagi para anggota untuk bisa mengembangkan bisnisnya,” ungkapnya.

Di era digital saat ini, kata dia, kunci yang harus dipegang para UMKM adalah masuk ke dalam ekosistem digital, mengadopsi berbagai layanan berbasis teknologi pada bisnis, serta pintar memanfaatkan program dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform layanan digital.

Sementara itu, pemilik Mr. Dimsum Khairul Amri atau akrab disapa Ari menceritakan perjalanan usahanya hingga kini dia bisa menjual dimsum siap saji sekaligus menjadi produsen dan distributor dimsum di Medan.

Kesuksesan Ari dimulai dari keberaniannya untuk mengambil peluang bisnis berjualan dimsum saat dulu masih bekerja sebagai office boy di kantor swasta. Namun, semangat Ari untuk terus berjuang, berinovasi dan berani ambil peluang kini telah membuahkan hasil.

“Sudah lebih dari lima tahun Mr. Dimsum hadir dan terus berkembang hingga kini memiliki 13 gerai dan menjadi salah satu distributor dimsum terbesar di Sumatra. Perjalanannya tentu tidak mudah, di awal merintis Mr. Dimsum, pesanan satu porsi pun saya antarkan langsung ke konsumen yang lokasinya cukup jauh. Semua saya lakukan untuk membangun kepercayaan mereka pada produk dan layanan Mr. Dimsum,” tuturnya.



Usaha Mr. Dimsum dalam menjangkau pelanggan lebih luas tak berhenti sampai disitu. Ari pun bercerita bahwa ia dan tim aktif melakukan promosi di Instagram dan WhatsApp.

Selain konsumen yang membeli ke gerai langsung, masih ada segmen konsumen yang lebih suka memesan dari Instagram dan Whatsapp, dan membayar menggunakan transfer.

Kini, Ari semakin memahami bahwa dia harus menyediakan layanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang beragam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)