Jadi Pahlawan Digital, Generasi Muda Harus Produktif dan Inovatif

Sabtu, 30 Juli 2022 - 22:32 WIB
loading...
Jadi Pahlawan Digital, Generasi Muda Harus Produktif dan Inovatif
Generasi muda harus produktif dan kreatif di era digital, misalnya berjualan tanaman secara online. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Generasi muda sebagai ‘pahlawan digital’ mengemban tugas yang tidak ringan. Pasalnya, sebagai generasi yang melek digital harus bisa memanfaatkan teknologi digital ini untuk hal-hal produktif dan bermanfaat untuk dirinya maupun masyarakat.

Dalam webinar bertema “Menjadi Netizen Cerdas dan Berakhlak Mulia di Era Digital”, Selasa (26/7), Kabid Humas dan Kerjasama RTIK Jambi Arif Setiadi mengatakan, generasi muda pada era digital punya banyak kesempatan untuk melakukan inovasi, baik pada bidang teknologi maupun ilmu pengetahuan.

Di era digital ini, kata dia, pemuda berperan sebagai agen perubahan, kontrol sosial, penguat moral, penjaga nilai, dan juga sebagai penerus bangsa.

“Generasi muda sebagai agen perubahan karena pemuda lah yang bisa memberikan fenomena dan pendampingan agar masyarakat sekitar bisa kembali berbudaya, tidak kebablasan,” ujarnya, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Terkait digitalisasi, dosen Pelita Raya Institute itu menyebut generasi muda sebagai pahlawan digital. Untuk itu, para pemuda memiliki beberapa tugas untuk selalu belajar dan membiasakan diri dengan teknologi digital untuk berkarya, berinovasi, bekerja, dan juga berbisnis.

Namun, penggunaan dan pemanfaatan teknologi juga harus dilakukan dengan bijak agar tidak menggerus norma dan budaya.

“Budaya hari ini benar-benar tergerus, apalagi terkait pandemi bahwa budaya ngobrol dan berinteraksi sudah tergerus karena anak muda milenial saat ini cenderung berkomunikasi lewat digital. Sopan santun juga menurun. Banyak teknologi saat ini yang bisa menghasilkan uang, tapi perhatikan juga dampak negatifnya agar tidak tumbuh berakar dalam diri kita,” tuturnya dalam webinar yang ditujukan untuk komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.



Wakil Ketua RTIK Aceh Adi Khairi Rahimi menambahkan, individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital.

Salah satu jenis perangkat lunak adalah program aplikasi. Dia pun mengingatkan untuk berhati-hati dalam menginstal aplikasi di perangkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)