Luar Biasa, Kapal Hiu Macan 01 Menangkap 1.001 Kapal Pelaku Illegal Fishing

Senin, 01 Agustus 2022 - 07:43 WIB
loading...
Luar Biasa, Kapal Hiu Macan 01 Menangkap 1.001 Kapal Pelaku Illegal Fishing
KKP mencatat bahwa Kapal Pengawas KKP Hiu Macan 01 yang dinakhodai oleh Kapten Samson telah berhasil menangkap 1.001 kapal ikan pelaku illegal fishing di laut Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) mencatat bahwa Kapal Pengawas KKP Hiu Macan 01 yang dinakhodai oleh Kapten Samson telah berhasil menangkap 1.001 kapal ikan pelaku illegal fishing di laut Indonesia.

"Kapal tersebut yang dinahkodai Kapten Samson yang telah 18 tahun bekerja di KKP, tercatat telah menangkap 1.001 kapal ikan pelaku illegal fishing di laut Indonesia," ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksamana Muda TNI, Adin Nurawaluddin dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).



Adin mengatakan, penangkapan terakhir terhadap dua kapal ikan Vietnam dilaksanakan dalam gelar operasi yang dilakukan di perairan Natuna Utara, Minggu (24/7) sore waktu setempat.

Pelaksanaan gelar operasi merupakan tindak lanjut atas informasi yang diterima dari masyarakat terkait adanya KIA yang melakukan illegal fishing di perairan Natuna Utara.

Selanjutnya Direktur Jenderal PSDKP, Adin memastikan, bahwa Kapal Ikan Asing berbendera Vietnam ini akan diproses hukum lebih lanjut untuk memberikan efek jera bagi para pelaku illegal fishing.

“Pesannya jelas bahwa KKP mengedepankan ekologi sebagai panglima dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan, serta tidak pandang bulu terhadap kapal ikan yang melanggar. Terlebih pelanggaran yang dilakukan meresahkan nelayan lokal,” tegas Adin.

"Kami terus melakukan pengawasan dan penjagaan sumber daya kelautan dan perikanan untuk menjamin hak-hak nelayan kita yang tertib, sehingga pada akhirnya nelayan lokal dapat sejahtera,” tambahnya.

Atas keberhasilan tersebut, Adin Nurawaluddin, menyambut dan memberikan gelar penghormatan kepada Nakhoda beserta seluruh awak kapal pengawas Hiu Macan 01.

"Pada hari Kamis 28 Juli 2022, saya Direktur Jenderal PSDKP, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin menyambut langsung dan memberi penghormatan kepada jajaran kapal pengawas Hiu Macan 01 yang dinakhodai oleh Kapten Samson beserta 17 Awak Kapal Pengawas,” ujar Adin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)