4 Pinjaman Terbesar China ke Negara di Dunia

Senin, 01 Agustus 2022 - 13:45 WIB
loading...
4 Pinjaman Terbesar China ke Negara di Dunia
Sedikitnya ada empat pinjaman terbesar China yang disalurkan ke sejumlah negara di dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat pinjaman terbesar China yang disalurkan ke sejumlah negara di dunia . Melalui strategi Going Global dan Belt and Road Initiative, China muncul sebagai kreditur resmi terbesar di dunia.

Dalam kebijakannya, China mengisi kekosongan di pasar pembiayaan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Lonjakan pinjaman dan investasi luar negeri Beijing memicu tuduhan ‘Diplomasi Jebakan Utang’. Kritikus China menyebut proyek ini bertujuan membebani negara miskin dalam pinjaman serta memaksa mereka mematuhi perjanjian yang dibuatnya.

Baca juga : Suka Memberi Pinjaman, Apakah China Punya Utang?

Berikut beberapa pinjaman terbesar China yang diberikan kepada negara-negara di dunia :

1. Venezuela

Selama lebih dari 20 tahun, Venezuela telah menjadi sekutu terdekat China di Amerika Latin. Mereka membangun sederet perjanjian yang dikritik para kritikus sebagai ‘Jebakan Utang’.

Dalam hal ini, Venezuela menerima uang tunai sebagai imbalan atas pengiriman minyaknya. Dikutip dari Global Voices, pada tahun 2020, negara ini menerima sekitar USD68,7 Miliar dari China. Pinjaman tersebut hampir setengah dari semua pinjaman China ke Amerika Latin dan Karibia pada periode yang sama.

Venezuela berkomitmen untuk membayarnya dengan minyak yang jumlahnya bervariasi tergantung harga pasarnya. Meski mendapat banyak kritik, namun pemerintah Venezuela menekankan bahwa kemitraan ini sangat berguna bagi negaranya.

2. Angola

Angola merupakan salah satu produsen minyak terbesar di Afrika. Sama halnya dengan Venezuela, negara ini juga membayar sebagian besar hutangnya dengan minyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)