MotionPedia: Mengenal Lebih Dekat Cashless Society dan Keuntungan Budaya Cashless

Senin, 01 Agustus 2022 - 14:50 WIB
loading...
MotionPedia: Mengenal Lebih Dekat Cashless Society dan Keuntungan Budaya Cashless
Era digitalisasi memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi dengan metode non tunai dan bisa dilakukan hanya melalui smartphone. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Era digitalisasi yang tidak terlepas dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, mendorong perubahan di berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali pada proses transaksi dan pembayaran.

Era digitalisasi memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi dengan metode non tunai dan bisa dilakukan hanya melalui smartphone yang dimiliki. Pergeseran kebiasaan masyarakat untuk melakukan transaksi dari tunai menuju transaksi non tunai inilah yang membentuk adanya cashless society.



Cashless society atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti masyarakat nirtunai memiliki kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan secara lebih praktis, cepat dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

Cashless society dapat diartikan sebagai masyarakat nirtunai di mana setiap individu atau mayoritas individu di dalamnya melakukan transaksi melalui transfer informasi digital antara pihak pihak yang bertransaksi.

Walaupun lebih mengutamakan transaksi digital, uang fisik dalam cashless society bukan berarti harus ditiadakan. Hanya saja, intensitas penggunaannya yang berkurang dan digantikan dengan uang digital dalam bentuk kartu ataupun tanpa kartu, yaitu dengan menggunakan dompet digital yang bisa diakses melalui aplikasi di smartphone.

Meskipun sudah sangat populer di kalangan masyarakat, namun tahukah Anda apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi bagian dari cashless society?

1. Praktis, efisien dan aman
Gaya hidup nirtunai yang dijalani oleh cashless society memungkinkan proses transaksi yang lebih mudah dan cepat. Dengan tren cashless, Anda hanya perlu membawa kartu dan smartphone saat sedang berbelanja, makan ataupun membayar transportasi.

Dengan tren cashless, Anda juga bisa menghindari resiko dari tindak kriminal pencurian dompet atau uang tunai.

Hal tersebut karena transaksi cashless bisa dilakukan hanya dengan melakukan scan QRIS via smartphone dan tidak perlu repot untuk meminta uang kembalian ataupun mencari uang receh.

2. Memudahkan pencatatan pengeluaran
Setiap transaksi yang dilakukan secara digital atau cashless, seperti dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, QRIS ataupun e-wallet tercatat dengan detail di database. Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak setiap pengeluaran dengan lebih mudah.

Selain itu, Anda juga bisa mengontrol kondisi finansial dengan mengurangi pengeluaran yang sekiranya tidak perlu untuk kedepannya.

3. Banyak promo menarik yang bisa digunakan
Hal ini karena perusahaan keuangan digital kerap kali bekerjasama dengan berbagai merchant untuk memberikan promosi seperti cashback, potongan harga dan lain sebagainya. Maka dari itu, cashless society bisa memanfaatkan hal ini untuk menekan pengeluaran dan hidup lebih hemat.



Turut berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan cashless society dalam melakukan transaksi, MotionBanking sebagai aplikasi perbankan digital yang dirilis oleh MNC Bank atau PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), sebuah anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group menyediakan layanan QRIS bagi para penggunanya.

MotionBanking hadir untuk mendekatkan layanan perbankan dengan berbagai fitur unggulan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Transaksi dengan menggunakan MotionBanking tentunya aman dan praktis, karena sudah diawasi oleh OJK, LPS, dan Bank Indonesia.

Bagi Anda yang belum menjadi nasabah di MotionBanking, segera daftarkan diri Anda dengan mengunduh mengunduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan bit.ly/downloadMotionBanking , kemudian Anda cukup mengisi data diri dan menggunggah selfie bersama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut dapat mengunjungi situs www.motionbanking.id ataupun menghubungi MNC Bank melalui call center di nomor 1500188, Whatsapp di nomor 0888-888-8888, ataupun melalui e-mail di alamat cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)