IKA ELIT Akan Bangun Sistem Listrik Tenaga Surya di Wilayah Pascabencana

Senin, 01 Agustus 2022 - 21:10 WIB
loading...
IKA ELIT Akan Bangun Sistem Listrik Tenaga Surya di Wilayah Pascabencana
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kanan) didampingi Ketua Ikatan Alumni Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ELITS) Faizal Rochmad Djoemadi (kiri) secara simbolis melakukan shotgun penanda dimulainya turnamen golf di Royale Jakarta Golf Club Hal
A A A
JAKARTA - Ikatan Alumni Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ELITS) mulai merealisasikan bantuan untuk korban bencana alam dan warga di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terpencil).

Berawal dari bencana banjir pada Maret 2019, korban bencana banjir bandang di Sentani Papua, yang menelan cukup banyak korban jiwa dan membuat ribuan warga kehilangan tempat tinggal. Pasca bencana banjir bandang, Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan rehabilitasi para korban, termasuk merelokasi warga yang kehilangan tempat tinggal.

Kemensos menyediakan rumah tinggal bagi 76 Kepala Keluarga (KK) yang berlokasi di Distrik Doyo, Sentani, Papua. Meski telah disediakan hunian, warga belum mendapatkan pasokan listrik.

(Baca juga:Kabar Baik! Akses Internet Bakal Masuk Daerah 3T)

Dari sinilah Alumni Elektro ITS yang tergabung dalam IKA ELITS terpanggil untuk berkontribusi sesuai dengan bidang ilmu yang telah dipelajari di kampus, yaitu dengan rencana membangun Sistem Listrik Tenaga Surya yang dirasa merupakan solusi paling efektif dan memungkinkan untuk dibangun di lokasi.

Dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya ini, listrik yang dihasilkan menjadi gratis dan dapat berkesinambungan serta tidak memberatkan pengeluaran bulanan para calon penghuni. IKA ELITS pun segera menginisiasi program penyediaan listrik green energy melalui panel listrik tenaga surya (solar cell).

Untuk mewujudkan kontribusi tersebut, IKA ELITS mengadakan kegiatan Charity Golf Tournament yang akan digunakan untuk menggalang dana. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismarini, datang pagi hari (31/7/2022) untuk membuka charity golf yang berlangsung Royale Jakarta Golf Club di lingkungan Halim Perdanakusuma.

(Baca juga:Mahasiswa ITS Kembangkan Panel Surya untuk Daerah 3T)

Turnamen golf bertema ‘Piala Dr. (H.C) Ir. Tri Rismaharini, M.T. untuk Listrik Berkelanjutan bagi Anak Negeri di Wilayah Pasca Bencana dan atau Daerah 3T’ ini diikuti 160 peserta baik dari alumni Fakultas Elektro ITS, maupun dari beberapa rekan dan mitra BUMN. Dari jumlah itu, 122 peserta yang bermain golf.

“Kami menyambut baik gagasan dari IKA ELITS yang berperan serta dalam memberikan bantuan berupa penyediaan listrik gratis secara berkesinambungan untuk wilayah pasca bencana dan daerah 3T. Kami menyambut baik kegiatan IKA ELITS Charity Golf Tournament 2022 ini sebagai sarana untuk mengumpulkan dana guna mewujudkan gagasan tersebut,” kata Mensos Risma dalam keterangan tertulisnya, kemarin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)