Relawan UMKM Sahabat Sandi Bantu Pelaku Usaha Jawa Barat Tembus Pasar Ekspor

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:15 WIB
loading...
Relawan UMKM Sahabat Sandi Bantu Pelaku Usaha Jawa Barat Tembus Pasar Ekspor
Relawan pendukung Sandiaga Uno yang tergabung dalam UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan membuat konten kreatif di Bandung, Jawa Barat. FOTO/Istimewa
A A A
BANDUNG - Relawan pendukung Sandiaga Uno yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sahabat Sandi terus membantu masyarakat dan pelaku usaha untuk berkembang. Salah satunya dengan menggelar pelatihan membuat konten kreatif di Bandung, Jawa Barat, agar dilirik pasar internasional.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Bandung Raya, Dewi Trianawati mengatakan saat ini masih banyak pelaku usaha kecil yang terkendala masalah pemasaran online. Sehingga, pelatihan kali ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemasaran.

Relawan UMKM Sahabat Sandi Bantu Pelaku Usaha Jawa Barat Tembus Pasar Ekspor

"Kami di sini membantu Pelaku usaha kecil belajar membuat konten kreatif sebagai pemasaran lewat sosial media. Selain itu, kami juga membantu legalitas produk," kata Dewi Trianawati saat pelatihan UMKM di Kedai Selasih, Cibeunying Kaler, Bandung, Senin (1/8/2022).



Dewi menyebut, setelah satu tahun UMKM Sahabat Sandi berjalan telah banyak kemajuan yang didapat dari para anggota atau pelaku usaha kecil. Seperti, produk yang berhasil masuk ke luar negeri (ekspor) hingga kenaikan omzet. "Alhamdulillah Sahabat Sandi sudah bisa keluar negeri karena motivasi dan Program dari Pak Sandi," ungkapnya.

Relawan UMKM Sahabat Sandi Bantu Pelaku Usaha Jawa Barat Tembus Pasar Ekspor

Dewi yakin jika Sandiaga terpilih menjadi Presiden 2024 maka ekonomi akan bangkit, pengangguran berkurang, dan tenaga kerja akan bertambah. "Hal ini sudah terbukti ketika menjadi Menparekraf dengan terserapnya 1,1 juta lapangan kerja saat ini Dan 4,4 juta lapangan kerja terserap di 2024," tambahnya.



Sementara itu, perwakilan UMKM, Lisma, merasa pelatihan konten ini sangat bermanfaat untuk pemasaran produknya. Sebab, produknya juga telah masuk ekspor sehingga perlu adanya inovasi pemasaran konten.

"Dengan dukungan dari Pak Sandi, produk saya (madu) sudah diekspor sampai ke Turki dan insyaallah ke Jepang. Saya sangat merasa Pak Sandi memprioritaskan kami selaku pelaku usaha kecil. Kami siap mendukung Pak Sandi menjadi Presiden 2024," ujar Lisma.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)