Presiden imbau perbankan beri kemudahan kredit

Sabtu, 15 Maret 2014 - 18:12 WIB
Presiden imbau perbankan beri kemudahan kredit
Presiden imbau perbankan beri kemudahan kredit
A A A
Sindonews.com - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau perbankan memberikan kemudahaan dalam pengucuran kredit terhadap bisnis tekstil.

SBY optimis industri tekstil masih memiliki peluang dan prospek baik di masa depan. Karena sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok, dengan pertambahan jumlah penduduk Indonesia dan juga negara lain, maka pasar untuk sandang terbuka luas.

Selain itu, SBY juga meminta Kementerian Perindustrian terus melakukan kemudahaan izin kepada perusahaan untuk melakukan peremajaan mesin-mesin tekstil.

"Makin banyak jumlah penduduk, semakin banyak yang membutuhkan sandang, produk tekstil dan garmen. Karena daya beli meningkat meski belum masuk ekonomi menengah, namun ekonomi kita makin meningkat dari tahun ke tahun," jelas SBY dalam sambutannya saat meresmikan peluasan pabrik PT Sari Warna Asli di desa Randusari, Teras, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/3/2014).

Presiden menyebutkan banyaknya persaingan di industri garmen tidak membuat surut pengusaha tekstil tanah air. Kontribusi terhadap ekspor nasional cukup baik.

"Dengan semakin banyak memberi peluang, lebih banyak ekspor ke luar negeri. Sehingga membuat nett ekspor dan impor bagus. Dan, yang disebut dengan defisit perdagangan menjadi kecil, maka ekonomi kita tumbuh semakin kuat" jelasnya.

Presiden berharap dengan diperluasnya PT Sariwarna Asli dan semakin banyak ekspor, maka pabrik akan membayar pajak lebih besar pada negara dan juga bisa membuka banyak lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dengan pemasukan pajak yang lebih besar, maka pemerintah bisa mengalokasikan anggaran lebih besar. Untuk pendidikan, kesehatan dan juga infrastruktur," jelasnya.

Selain meresmikan peluasan pabrik tekstil PT Sari Warna Asli, yang merupakan anak usaha dari PT Sritex, Presiden yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu juga melepas ekspor perdana benang tenun ke Brazil pada 2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5533 seconds (0.1#10.140)