Kereta Cepat Jalani Tes November 2022, KCIC: Kado Spesial HUT Kemerdekaan ke-77

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 14:34 WIB
loading...
Kereta Cepat Jalani Tes November 2022, KCIC: Kado Spesial HUT Kemerdekaan ke-77
Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia hari ini. Ditargetkan pada November 2022 mendatang atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani tes dinamis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia hari ini. Ditargetkan pada November 2022 mendatang atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani tes dinamis.

"Pengiriman perdana EMU dan Comprehensive Inspection Train (CIT) ini merupakan pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," kata Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi dalam seremoni Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: China Kirim Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Menhub Minta Konstruksi Dipercepat

Riyadi menyatakan bahwa dengan adanya pengiriman kereta cepat ke Indonesia, menjadi sebuah hadiah spesial bagi Indonesia yang akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 ."Tentunya ini juga akan menjadi milestone penting proyek KCJB secara keseluruhan," katanya.

Baca Juga: Luhut: Kereta Cepat Simbol Negara Maju

Lebih lanjut Ia juga menerangkan, sebanyak 11 rangkaian kereta yang diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China ini telah selesai diproduksi pada awal April tahun ini. Selain itu EMU dan CIT yang dikirimkan ke Tanah Air hari ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test di tempat produksinya.

“Hingga saat ini, progres pengerjaan proyek KCIC telah mencapai 85 persen, dan masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, pre loading, track laying dan penyelesaian stasiun," bebernya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1730 seconds (11.252#12.26)