BUMN PHK Ratusan Karyawan, Erick Thohir Beberkan Proyek Perusahaan Negara yang Serap Ribuan Tenaga Kerja

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:01 WIB
loading...
BUMN PHK Ratusan Karyawan, Erick Thohir Beberkan Proyek Perusahaan Negara yang Serap Ribuan Tenaga Kerja
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Pemutusan hubungan kerja atau PHK bisa terjadi di perusahaan manapun, baik swasta maupun perseroan negara. Tanpa mengabaikan fakta bahwa beberapa perusahaan pelat merah ada yang melakukan PHK, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut perseroan negara justru telah dan akan menyerap tenaga kerja baru.

Dia mengklaim sepanjang Covid-19, BUMN mampu menyerap ribuan tenaga kerja baru. Hal ini seiring adanya sejumlah proyek yang digarap perusahaan negara.

Program peningkatan kilang minyak atau refinery development master plan (RDMP) Balikpapan misalnya, diperkirakan menyerap 19.000 tenaga kerja.

Sementara, hilirisasi atau pemrosesan batu bara berkalori rendah menjadi Dimethyl Ether (DME) diprediksi menyerap 10.000 tenaga kerja baru.

"Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, sudah seyogyanya BUMN jadi motor penggerak ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat. Terlebih di masa sulit akibat pandemi dan ketidakpastian perekonomian dunia yang terjadi saat ini," ujarnya, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Erick Thohir Sambut Investasi Korsel dan China Senilai USD15 Miliar ke IBC

Selain itu, ada proyek smelter tembaga Freeport Gresik yang menyerap hingga 40.000 tenaga kerja. Lalu, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang telah mencatatkan penyerapan hingga 200.000 tenaga kerja.

Kemudian, pembangunan KEK Mandalika di mana InJourney selaku penyelenggara utama event Internasional MotoGP mampu menyerap 4.500 tenaga kerja lokal. Masyarakat sekitar tidak hanya menjadi penonton ajang akbar itu tapi juga terlibat sejak pembangunan hingga penyelenggaraan event Internasional MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Erick menyampaikan BUMN juga terus meningkatkan akselerasi program ekonomi kerakyatan. Antara lain membuka kesempatan berusaha dan mendorong bisnis UMKM dengan pengembangan pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) dan pengembangan Bakauheni Harbour City (HBC) yang dikonsep 100% untuk menyokong perekonomian lokal di kawasan sekitarnya.

"BUMN memastikan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di tengah pandemi, antara lain dengan program KUR dan PNM Mekaar yang membantu ekonomi kerakyatan," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1628 seconds (11.210#12.26)