Jokowi Penuhi Janji, Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Mulai Dibangun

Senin, 08 Agustus 2022 - 20:43 WIB
loading...
Jokowi Penuhi Janji, Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Mulai Dibangun
Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang. FOTO/ANTARA.
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya membangun Tol Serang-Panimbang dalam upaya meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur. Langkah ini diharapkan menumbuhkan titik ekonomi baru di Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata.

"Berpuluh-puluh tahun nggak jadi, sekarang kita selesaikan dengan baik. Jika ini selesai maka pertumbuhan ekonomi Banten akan lebih bagus," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara grounbreaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Ciseles-Panimbang, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Groundbreaking Tol Serang-Panimbang, Luhut Yakin Pariwisata Banten Kian Menggeliat

Luhut mendorong agar pembangunan infrastruktur tersebut selesai sesuai target yang telah ditetapkan, yakni di kuartal I 2024 mendatang. Ia pun mendorong agar pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dengan jalan tol selesai bersamaan.

"Saya minta semua bersamaan selesai di kuartal I 2024. Kalau semua itu kita bangun simpul-simpul ekonomi akan timbul sendiri," tandas Luhut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Basuki Hadimuljono merinci total panjang Tol Serang - Panimbang 83 kilometer (km). Adapun sepanjang 24 km dari Serang sudah beroperasi dan seksi 2 sepanjang 26 km sedang kontruksi dengan progres 30 persen.

Berdasarkan laporan PUPR, pembangunan seksi 3 sepanjang 83 km ini merupakan bagian dukungan dari program pemerintah kerja sama badan usaha pemerintah dengan pengusaha. Rinciannya, 50 km bagian pengusaha dan 33 km bagian pemerintah dengan anggaran sekitar Rp4,6 triliun.

"Kita akan selesaikan di kuartal I 2024 supaya bisa mulai untuk mendukung destinasi wisata Tanjung Lesung. Mudah mudahan swasta yang nanti akan berinvestasi di sana optimistis akan selesai," jelasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menggenjot penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,67 kilometer. Upaya percepatan pembangunan jalan tol yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini sendiri dilakukan sebagai bentuk realisasi dari komimen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk

Pada kesempatan yang sama, Founder Jababeka S.D Darmono mengucapkan terimakasih kepada pemerintah khususnya kepada Presiden Jokowi telah memenuhi janji membangun Tol Serang-Panimbang. "Tujuan dari pembangunan untuk memajukan perekonomian sekaligus mengentaskan masyarakat Banten Selatan dari kemiskinan," ungkap Darmono.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2539 seconds (11.252#12.26)