10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia 2022, Sebulan Kantongi Ratusan Juta

Senin, 08 Agustus 2022 - 23:22 WIB
loading...
10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia 2022, Sebulan Kantongi Ratusan Juta
Sejumlah profesi di Indonesia memiliki gaji atau bayaran fantastis, mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Ilustrasi Foto/pexels/andrea piacquadio
A A A
JAKARTA - Sejumlah profesi di Indonesia memiliki gaji atau bayaran fantastis, mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Tentunya, gaji yang besar ini sebanding dengan tanggung jawab dan risikonya. Bahkan, posisi tertentu membutuhkan orang dengan kecakapan atau keahlian khusus.

Michael Page, salah satu konsultan rekrutmen profesional terkemuka, menilai secara keseluruhan, pasar kerja Indonesia terlihat bagus pada tahun 2022, terutama di sektor-sektor yang menjadi pendorong utama perekonomian.

Sebagai negara terpadat di kawasan Asia Tenggara dengan tantangan geografisnya sendiri, ada banyak peluang bagi perusahaan fintech lokal dalam memberikan solusi bagi masyarakat di Negara Kepulauan ini. Pada akhirnya, kebutuhan akan tenaga kerja yang cakap dan terampil di bidang teknologi akan meningkat tahun ini.

Berikut beberapa 10 profesi di Indonesia dengan besaran gaji tertinggi untuk tahun 2022, dikutip dari laman michaelpage.co.id:

1. C-Suite (Corporate Suite)
Profesi pertama dengan bayaran tertinggi tentunya adalah golongan eksekutif atau corporate suite (C-Suite) yang meliputi Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COO).

Gaji untuk profesi di level ini dapat berkisar mulai Rp150 juta hingga Rp250 juta per bulan, terutama di sektor Properti dan Konstruksi, Konsumen dan Ritel, Bisnis dan Layanan Keuangan hingga Industri dan Manufaktur.

Selain itu, ada remunerasi untuk para eksekutif yang didasarkan pada pengalaman kandidat, ukuran perusahaan, dan sektornya.

2. Risk Director (Direktur Risiko)
Dengan banyaknya bisnis yang bertransformasi ke ranah daring atau online, manajemen risiko - baik itu risiko keuangan, risiko strategis, atau risiko kepatuhan - menjadi prioritas yang lebih besar dari sebelumnya.

Untuk itu, perusahaan sangat membutuhkan Direktur Risiko yang memiliki pemahaman kuat tentang kompleksitas masalah risiko, khususnya di industri jasa keuangan. Profesional di bidang ini dapat meraup gaji rata-rata Rp180 juta per bulan di tahun 2022 ini.



7. Direktur Proyek
Direktur Proyek bertanggung jawab untuk mengelola proyek-proyek rekayasa atau teknik (seperti desain dan konstruksi) rata-rata bisa meraup sekitar Rp150 juta setiap bulan. Posisi ini harus paham pada isu-isu strategis yang berkaitan dengan optimalisasi biaya, reformasi pajak, efisiensi proses dan perubahan iklim.

8. Direktur Operasional
Manufaktur menjadi salah satu pilar utama ekonomi Indonesia, yang menyumbang lebih dari 20% PDB negara. Selain biaya tenaga kerja yang menarik, peningkatan daya beli masyarakat adalah alasan lain di balik ledakan manufaktur RI.

Oleh sebab itu, sektor Industri & Manufaktur selalu mencari Direktur Operasi yang baik, dengan bayaran sekitar Rp140 juta untuk tahun ini.

9. Direktur Teknis
Sektor properti dan konstruksi di Indonesia tahun ini mulai pulih dari hantaman pandemi, didorong besarnya belanja pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur publik, termasuk pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Dengan demikian, para ahli di bidang ini akan sangat diminati dan diberi kompensasi yang baik. Direktur Teknis bertanggung jawab melakukan pembelian sistem teknologi, mengawasi pemasangannya, dan melatih staf untuk menggunakan teknologi baru selama produksi. Gaji rata-rata Direktur Teknik berkisar Rp130 juta per bulan.



10. Direktur Pemasaran
Pemasaran adalah fungsi penting dalam bisnis apa pun, baik itu business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C). Tim pemasaran bertanggung jawab atas strategi pemasaran dan komunikasi perusahaan untuk membantu meningkatkan kesadaran merek, serta menciptakan citra merek yang sesuai.

Profesi ini juga bertugas menyiapkan rencana pemasaran tahunan, membuat kalender kampanye dan acara, menetapkan anggaran pemasaran, hingga menganalisis pasar dan pesaing.

Di antara berbagai sektor, Direktur Pemasaran di Konsumen & Ritel serta Industri & Manufaktur bisa mendapatkkan gaji yang relative tinggi, sekitar Rp120 juta hingga Rp130 juta per bulan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)