Petani Milenial Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur Jajaki Kerja Sama

Senin, 08 Agustus 2022 - 22:36 WIB
loading...
Petani Milenial Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur Jajaki Kerja Sama
Kepala SMKPPN Banjarbaru Budi Santoso (kiri) mengunjungi kebun hortikultura milik Agus Basuki (DPA) Kaltim di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
A A A
JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) seakan menjadi suntikan kekuatan baru bagi seluruh provinsi di Pulau Kalimantan untuk bangkit dan berlari mengejar berbagai ketertinggalan pembangunan di berbagai sektor.

Seluruh kabupaten di Kalimantan, seakan berlomba untuk mengambil kesempatan dan peluang mengembangkan seluruh potensi daerahnya, untuk menjadi penyangga dan kekuatan dalam mewujudkan terbangunnya IKN.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo minta generasi muda dapat mengambil peran dalam pembangunan pertanian di seluruh Indonesia. “Generasi milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern,” kata Mentan dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/8/2022).

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan petani dengan jiwa wirausaha tinggi yang akan mampu menggenjot produktivitas. Ke depan, produk pertanian bertambah bahkan bisa diekspor dan diterima di pasar internasional.

Dengan melakukan analisa pasar yang baik dan tepat, kata Dedi, akan lebih memahami kondisi pasar sesungguhnya sehingga strategi memasarkan produk akan berjalan baik, alhasil keuntungan pun meningkat.

“Pemerintah dalam hal ini Kementan selalu siap untuk mendampingi dan memfasilitasi generasi milenial yang ingin sukses, menggali dan mengelola sektor pertanian,” katanya.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Povincial Project Implementation Unit (PPIU) Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Kalimantan Selatan (Kalsel) pun tak ingin kehilangan kesempatan tersebut.

Rombongan SMK-PP Negeri Banjarbaru yang terdiri atas enam Penerima Manfaat (PM) Program YESS dari Kalsel mengunjungi sejumlah lokasi di Kaltim. Kunjungan yang dilaksanakan selama dua hari mulai Jumat (5/8) bertujuan membuka wawasan dan potensi pemasaran demi membuka jejaring peningkatan ketahanan pangan daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)