Dua Bank China di Indonesia: Salah Satunya Lebih Tua dari BRI

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:43 WIB
loading...
Dua Bank China di Indonesia: Salah Satunya Lebih Tua dari BRI
HSBC jadi salah dari dua bank China di Indonesia yang usianya lebih tua dari BRI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - China merupakan salah negara penting buat perekonomian Indonesia . Menurut data UN Comtrade, nilai perdagangan barang antara Indonesia dan china pada 2021 mencapai USD110 miliar atau sekitar Rp1.595 triliun (kurs Rp14.500).



Selain itu, nilai investasi China di Indonesia juga terbilang besar. Sepanjang lima tahun terakhir (2016-2021), nilai investasi China mencapai USD20,3 miliar.

Dengan skala hubungan ekonomi yang besar itu, kondisi ekonomi China sangat berpengaruh terhadap ekonomi domestik. Setiap ekonomi China turun sebesar 1%, maka akan berdampak terhadap melambatnya perekonomian nasional sebesar 0,3% hingga 0,6%.

Besarnya nilai investasi dan terutama transaksi dagang kedua negara itulah yang membuat industri perbankan China merasa berkepentingan untuk mendirikan atau membuka kantor cabang bank di Indonesia.

Berdasarkan data Direktori Perbankan Indonesia Kantor Cabang Bank Asing Otoritas Jasa Keuangan, ada dua bank asal China yang beroperasi di Indonesia untuk mendukung kepentingan bisnis para pelaku usaha Negeri Tirai Bambu di Indonesia. Berikut dua bank China yang beroperasi di Indonesia.

1. Bank of China Limited

Bank yang sahamnya dimiliki oleh Bank of China Ltd ini sejatinya bukan bank kemarin sore di Indonesia. Kehadiran bank ini di Tanah Air sudah ada sebelum republik tercinta merdeka. Awalnya nama bank ini adalah Bank of China Cabang Jakarta. Bank yang di Jakarta beroperasi secara komersial sejak tahun 1938.

Dalam perjalanan bisnisnya, bank ini efektif menghentikan operasinya alias "mati suri" pada tahun 1964. Setelah mati suri hampir empat dekade, pada tahun 2003 Bank China Limited kembali beroperasi melalui Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 5/1/KEP.GBI/2003 tanggal 13 Januari 2003.

Setelah beberapa bulan bank beroperasi di Indonesia, terjadi perubahan nama dari Bank of China Cabang Jakarta menjadi Bank of China Limited Cabang Jakarta yang telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia melalui Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 6/77/ KEP.GBI/2004 tanggal 14 Oktober 2004.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)