Luncurkan BGS-I, Luhut Ingin Indonesia Lakukan Lompatan Besar di Banyak Sektor

Minggu, 14 Agustus 2022 - 23:27 WIB
loading...
Luncurkan BGS-I, Luhut Ingin Indonesia Lakukan Lompatan Besar di Banyak Sektor
Menko Luhut Pandjaitan saat peluncuran BGS-I dan peresmian Fasilitas Sekuensing Genomik BGS-I di Gedung Eijkman RSCM Jakarta, Minggu (14/8/2022). Foto/Dok Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap Indonesia bisa melakukan lompatan besar di sejumlah sektor.

Harapan ini menyusul pemerintah meluncurkan Biomedical and Genome Science initiative (BGS-I) dan Peresmian Fasilitas Sekuensing Genomik BGS-I di Gedung Eijkman RSCM Jakarta pada hari ini.

Peluncuran BGS-I dinilai Luhut sebagai terobosan pemerintah untuk kemajuan Indonesia, khususnya di bidang riset dan kesehatan.

"Mendengarkan Pak Budi (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin) tadi sangat baik. Presentasi itu tentang Indonesia hari ini. Kami suka bergerak untuk melakukan frog jump," ujar Luhut, Minggu (14/8/2022).

Baca juga: Beredar Video Luhut Perintahkan Kabareskim Usut Kasus Brigadir J, Cek Faktanya!

Luhut menjelaskan dengan kehadiran BGS-I ini setidaknya ada tiga bidang atau lini yang bisa dikerjakan secara kolektif untuk kemajuan Indonesia yakni kesehatan, pertanian, dan hewan. Kehadiran BGS-I, menurut Luhut, dapat mempercepat penciptaan sektor kesehatan yang mandiri.

"Kami sangat yakin kami bisa melakukan ini. Anda bisa melihat apa yang terjadi pada perekonomian kita hari ini. Saya pikir sangat sedikit negara secara global yang mampu mengelola ekonomi mereka, seperti hari ini orang pesimistis tentang Indonesia," tukasnya. "Tapi kita bicara angka, pertumbuhan ekonomi, ekspor, dan apapun. Ini semuanya positif," tandas Luhut.

Baca juga: Indonesia Punya Utang Rp7.000 Triliun, Luhut: Paling Kecil di Dunia

Melihat kondisi hari ini, Luhut menyadari betul bahwa adanya tekanan global berupa kenaikan harga pangan dan harga energi. Sehingga, dibutuhkan terobosan maupun pengelolaan yang baik untuk menghadapi persoalan tersebut.



Luhut juga memastikan pemerintah terbuka jika ada negara yang ingin menjalin kerja sama. "Kami akan bekerja dengan negara manapun, Bank Panin, Etana, banyak dukungan dari teman-teman di sini, karena Indonesia akan berkembang di banyak area. Kami bangga dengan Indonesia, kami akan melakukan apapun itu," tuturnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1369 seconds (10.101#12.26)