Dampingi UMKM, Pemimpin Komunitas Harus Cakap dan Berkualitas

Senin, 15 Agustus 2022 - 23:13 WIB
loading...
Dampingi UMKM, Pemimpin Komunitas Harus Cakap dan Berkualitas
PNM menggelar pelatihan bagi para pemimpin komunitas di Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) dan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Naik Kelas” di Sleman, Yogyakarta.

Kepala Divisi Pengelolaan Bisnis 3 PNM Endang Nurjani menjelaskan, Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.

“PNM memiliki 3 Modal yang terdiri dari modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial. Pelatihan Community Leaders ini termasuk kepada modal intelektual PNM yang bertujuan mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan para pendamping nasabah agar nasabah naik kelas dan sejahtera,” kata Endang dalam keterangan pers, dikutip Senin (15/8/2022).



Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Dicky Fajrian menyampaikan, pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan seorang Community Leaders agar dapat membangun mindset nasabah PNM sehingga bisa mengembangkan usahanya sampai naik kelas dan bisa mensejahterahkan keluarga,” terang Dicky.

Pada kesempatan yang sama, pemimpin PNM Cabang Yogyakarta Azis Junaidi berharap dengan adanya pelatihan tersebut, nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bisa mendukung usaha para pelaku UMKM.

“Saya berharap kepada para Community Leaders yang sudah dilantik pada hari ini akan selalu support usaha ibu-ibu Mekaar,” ucap Azis.



Sebagai informasi, hingga 9 Agustus 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp134,25 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,39 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 kabupaten atau kota, dan 5.640 kecamatan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)