Kapan Harga BBM Pertalite Naik ?, Menteri ESDM: Masih Koordinasi dengan Pak Airlangga

Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:09 WIB
loading...
Kapan Harga BBM Pertalite Naik ?, Menteri ESDM: Masih Koordinasi dengan Pak Airlangga
Ditanya soal isu kenaikan BBM Pertalite, begini penjelasan Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di Gedung DPR RI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengaku, masih membahas soal opsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite di internal pemerintah. Namun menurutnya, belum ada keputusan apakah Pertalite akan dinaikkan.

"Lagi dibahas (harga Pertalite)," kata Menteri ESDM Arifin saat ditemui di Gedung DPR RI, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Sinyal Harga BBM Naik Mencuat, Menteri ESDM: Kandungan Gas Kita Lebih Besar

Dia membeberkan, jika pembahasan kenaikan harga Pertalite dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Masih koordinasi di pak Airlangga," jelasnya.

Sementara terkait dengan pembatasan Pertalite sebagai upaya menekan agar kuota tidak jebol masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Revisi aturan ini sebelumnya dikatakan untuk pembatasan konsumsi Pertalite kepada masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto sebelumnya khawatir rencana kenaikan harga BBM yang saat ini tengah digulirkan oleh pemerintah dapat berdampak pada daya beli masyarakat di tengah pemulihan ekonomi. Hal tersebut menyusul sikap Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang tidak memberikan rekomendasi penambahan kuota Pertalite dan Solar untuk tahun ini.

Baca Juga: Sinyal Harga BBM Naik, Menteri Bahlil: Pertalite Rp10 Ribu

Sugeng mengatakan, pemerintah perlu mempertimbangkan ulang rencana kenaikkan harga BBM. Mengingat tanpa kenaikan saja, dampak akibat pandemi covid-19 sudah luar cukup biasa bagi perekonomian RI.

"Sejauh ini komisi VII tetap memperlihatkan dan fokus bagaimana kemampuan daya beli masyarakat. Komisi VII sejujurnya takut sekali kalau BBM naik dan listrik akan mempengaruhi harga barang dan jasa yang luar biasa naik, karena tanpa kenaikan harga BBM saja kita sudah merambat naik, itu yang harus kita tekankan," kata Sugeng dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Senin (16/8).

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1427 seconds (11.252#12.26)