Putin dan Xi Jinping Akan Hadiri KTT G20 di Bali November Ini

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 13:24 WIB
loading...
Putin dan Xi Jinping Akan Hadiri KTT G20 di Bali November Ini
Pemimpin Rusia dan China, Vladimir Putin dan Xi Jinping, dikabarkan akan hadir di KTT G20 di Bali, November mendatang. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Pemimpin Rusia Vladimir Putin dan China Xi Jinping dikabarkan akan menghadiri KTT G20 di Bali November mendatang. Kabar itu diungkapkan mantan sekretaris kabinet dan penasihat tidak resmi Presiden Joko Widodo, Andi Widjajanto.

"Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin sama-sama berencana untuk hadir di Bali," kata Widjajanto, yang mengepalai Lembaga Ketahanan Nasional, seperti dilansir Reuters, Jumat (19/8/2022).

Sehari sebelumnya, Jokowi mengatakan kepada Bloomberg News bahwa kedua pemimpin telah memberinya jaminan (soal kehadiran). Pejabat kepresidenan Indonesia tidak menanggapi permintaan konfirmasi laporan tersebut.



Kementerian luar negeri China juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Seorang juru bicara Kremlin menolak berkomentar kepada Bloomberg, tetapi pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada kantor berita bahwa Putin berencana untuk menghadiri pertemuan itu secara langsung.

Kedatangan pemimpin China itu akan menjadi signifikan mengingat hal itu akan menjadi pertama kalinya Xi berada di luar China sejak Januari 2020, ketika ia mengunjungi Myanmar.

China mempertahankan kebijakan zerol-Covid yang menutup semua perbatasannya untuk perjalanan internasional. Sejak itu, Xi melakukan perjalanan satu-satunya ke luar daratan China pada 30 Juni, mengunjungi Hong Kong untuk menandai peringatan 25 tahun penyerahan wilayah itu dari kendali Inggris.

Xi secara luas diperkirakan akan mengamankan masa kepemimpinan ketiga yang memecahkan preseden selama kongres sekali dalam lima tahun dari Partai Komunis yang berkuasa yang dijadwalkan untuk musim gugur ini, kemungkinan besar sebelum ia akan menuju ke Bali untuk pertemuan G20 pertengahan November.



Tidak ada tanggal yang diumumkan untuk kongres partai, tetapi dua kongres terakhir berlangsung pada akhir Oktober dan awal November. Pejabat China juga dilaporkan membuat rencana untuk pertemuan November di Asia Tenggara antara Xi dan Presiden AS Joe Biden, yang diperkirakan akan menghadiri KTT G20 di Bali, menurut sebuah laporan di Wall Street Journal.

Sebagai ketua G20 tahun ini, Indonesia telah menghadapi tekanan dari negara-negara Barat untuk menarik undangannya kepada Putin atas invasi Rusia ke Ukraina yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus". Indonesia juga telah mengundang pemimpin Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menghadiri KTT Bali.

Presiden Jokowi telah berusaha memposisikan dirinya sebagai mediator antara negara-negara yang bertikai, dan dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan perjalanan untuk bertemu dengan presiden Ukraina dan Rusia untuk menyerukan diakhirinya perang, dan mencari cara untuk meredakan krisis pangan global.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3663 seconds (0.1#10.140)