Sandiaga Uno Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Sabun

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 18:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Sabun
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) memberikan pelatihan pembuatan sabun cream dan hand rub yang terbuat dari bahan limbah cangkang sawit di Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/8/2022). FOTO/Istimewa
A A A
PEKANBARU - Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) memberikan pelatihan pembuatan sabun cream dan hand rub yang terbuat dari bahan limbah cangkang sawit. Sandiaga menginginkan masyarakat dapat lebih terampil dalam membuka peluang usaha serta meningkatnya perekonomian di daerah Pekanbaru.

"Kami melakukan pelatihan ini untuk meningkatkan penghasilan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Pekanbaru. Tentu mereka harus diberikan solusi bagaimana mengakses biaya hidup yang lebih terjangkau serta meningkatkan omzet, karena Riau kaya akan sumber daya alam," kata Sandiaga Uno di Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/8/2022).



Sandiaga mengatakan hasil dari pelatihan ini pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait. Dengan ini dapat terbuka peluang usaha untuk kemandirian ekonomi yang lebih kuat. "Produk pelatihan ini akan kita fasilitasi dengan menandatangani kerja sama kepada BPOM. Hal ini akan mempercepat proses agar produk-produk yang dihasilkan oleh para UMKM masuk pada e-katalog lokal," ucapnya.

Sandiaga Uno Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Sabun

Tak hanya itu, pelatihan tersebut dapat mendukung kemajuan masyarakat Riau serta sumber daya alam menjadi peluang usaha. Sehingga target 1,1 juta lapangan kerja bisa tercapai pada potensi inflasi ke depan. "Kemenparekraf akan siap men-support agar masyarakat Riau bisa lekas bangkit dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan," kata Sandiaga.



Sementara itu, Ketua Umum Gemawira Awaliya Rahman mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan. Hal itu memiliki dampak besar bagi semua kalangan khususnya millenial untuk menciptakan lapangan kerja baru. "Saya berterima kasih dengan Bapak Sandiaga Uno dengan adanya pelatihan ini kami dapat inovasi baru untuk memulai usaha dan membuka lapangan kerja baru dan emak-emak dapat lebih produktif," kata Awaliya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)