5 Negara Penghasil Daging Ayam Terbesar di Dunia, Siapa Wakil ASEAN?

Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:00 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Daging Ayam Terbesar di Dunia, Siapa Wakil ASEAN?
Amerika Serikat menjadi negara penghasil daging ayam terbesar di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Daging ayam merupakan salah satu makanan yang paling digemari di dunia. Selain karena cita rasanya yang nikmat dan mudah diolah, juga gampang didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.



Hampir semua manusia di belahan bumi mengonsumsi daging ayam. Mengutip Foreign Agricultural Service, Department of Agriculture Amerika Serikat , sepanjang Juli tahun ini konsumsi daging ayam dunia mencapai 98,3 juta ton.

Banyaknya ayam yang dikonsumsi juga tak lepas dari jumlah ayam yang diproduksi. Hampir semua negara di dunia memproduksi ayam, lantaran mudah dipelihara.

Berdasarkan data Foreign Agricultural Service ada lima negara yang menduduki posisi puncak sebagai negara penghasil ayam terbesar di dunia. Berikut empat negara itu:

1. Amerika Serikat
Pada Juli 2022 produksi daging ayam di Amerika mencapai 20,5 juta ton, naik dibanding produksi Juli 2021 yang sebanyak 20,3 juta ton. Ada lima negara bagian di Amerika sebagai penghasil ayam, yaitu Georgia, arkansas, north carolina, Alabama dan missisipi. Di Amerika produksi dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Di antaranya Tyson Food dan Pilgrims Pride Corp.

Selain sebagai penghasil daging ayam terbesar, Amerika juga menjadi jawara sebagai negara terbesar pemakan ayam terbesar di dunia. Per Juli konsumsi ayam Amerika mencapai 17.2 juta ton.

2. Brazil
Negeri Samba ini menduduki posisi kedua sebagai negara penghasil daging ayam terbesar di dunia. Per Juli 2022, produksi daging ayam Brazil mencapai 14,7 juta ton. Jumlah itu naik sekitar 200 ribu ton dibanding Juli tahun lalu.
Brazil juga tercatat sebagai negara pengonsumsi daging terbesar ketiga di dunia sebanyak 10,1 juta ton (Juli 2022). Posisi kedua ditempati China dengan jumlah konsumsi daging ayam sebanyak 14,3 juta ton.

Peternakan ayam menjadi sektor andalan Brazil karena mampu menciptakan jutaan lapangan kerja. Wilayah selatan adalah penghasil ayam terbesar di Brazil.

3. China
Pada Juli 2022 produksi daging ayam di China sebanyak 14,3 juta ton, lebih kecil 400 ribu ton dibanding Brazil. Di bawah Amerika, Negeri Tirai Bambu menjadi negara pengonsumsi daging ayam kedua terbesar di dunia. Per Juli tahun ini konsumsi daging ayam di China mencapai 14,4 juta ton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)