Indovac Resmi Jadi Nama Vaksin Covid Buatan RI, Segini Harganya

Senin, 22 Agustus 2022 - 15:07 WIB
loading...
Indovac Resmi Jadi Nama Vaksin Covid Buatan RI, Segini Harganya
Indovac menjadi nama vaksin buatan BUMN RI. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan nama vaksin RI buatan BUMN Indovac . Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir akan mematok harga di bawah Rp100.000.

Adapun vaksin tersebut hasil pengembangan Bio Farma dengan Baylor College of Medicine (BCM). "Sebulan lalu sudah dikasih nama presiden, namanya Indovac Indonesia Vaccine," ungkap Honesti, di Kementerian BUMN, Jakarta Senin (22/8/2022).

Baca Juga: Pemprov DKI: 4,7 Juta Warga Jakarta Telah Suntik Vaksin Booster

Terkait proses uji klinis fase tiga, lanjut Honesti, akan segera rampung. Pada tahap ini perseroan melibatkan 4.050 subjek usia 18 tahun ke atas.

Saat ini, Bio Farma tengah melakukan registrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memperoleh Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA). "Kita sudah hampir selesai, lagi registrasi di Badan POM. Hasilnya alhamdulilah," turur dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan ada regulasi besar terkait penggunaan vaksin BUMN, termasuk akan diberikan secara gratis atau berbayar kepada masyarakat.

"Nah, kebijakan vaksin ini tentunya nanti didiskusikan di kalangan pemerintah, ada policy besarnya apakah gratis atau berbayar, saya tidak bisa menyatakan lebih awal, yang pasti vaksin ini adalah vaksin yang bisa kita pergunakan mandiri, tidak terus impor," kata Erick.

Baca Juga: Ditemukan di Jakarta, 7 Fakta Cacar Monyet yang Perlu Diperhatikan

Sebagai informasi, vaksin BUMN menggunakan teknologi Subunit Protein Rekombinan atau protein Receptor Binding Domain (RBD).

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2017 seconds (11.252#12.26)