BI Naikkan Suku Bunga Acuan 3,75%, Rupiah Langsung Trengginas

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:40 WIB
loading...
BI Naikkan Suku Bunga Acuan 3,75%, Rupiah Langsung Trengginas
Rupiah hari ini ditutup menguat terhadap dolar AS. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup menguat 54 poin di level Rp 14.837 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam penutupan perdagangan hari ini. Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi mengatakan salah satu faktor internal pemicu mata uang garuda ini menguat, karena keputusan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,75%.

"Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan bahwa alasan pihaknya menaikkan suku bunga acuan tersebut sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memitigasi risiko peningkatan inflasi inti dan ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak nonsubsidi dan inflasi pangan yang terus meningkat," jelas Ibrahim melalui pernyataan tertulis, Selasa (23/8/2022).



Selain itu, kebijakan untuk menaikkan suku bunga acuan yang dilakukan BI ini dinilai Perry juga diperlukan untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

Sementara dari faktor ekternalnya, kata Ibrahim karena sebagian besar didukung oleh serangkaian komentar hawkish dari pejabat Fed pekan lalu. "Komentar hawkish itu menunjukkan bahwa bank sentral tidak memiliki rencana untuk mengurangi laju kenaikan suku bunga serta eropa menghadapi pasokan energi dan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang lebih luas," terang Ibrahim.

Lihat Grafis: BI Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Selain itu, didorong juga oleh Rusia yang akan menghentikan pasokan gas alam ke Eropa melalui pipa Nord Stream 1 selama tiga hari pada akhir bulan, sebagai pengingat terbaru dari keadaan genting pasokan energi benua itu. Lebih lanjut Ibrahim memprediksi, untuk perdagangan besok, Rabu (24/8) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp 14.810 - Rp 14.860.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)