Isu Pertalite Naik Menggema, Erick Thohir Justru Bandingkan Harga Pertamax dan Shell Super

Rabu, 24 Agustus 2022 - 16:29 WIB
loading...
Isu Pertalite Naik Menggema, Erick Thohir Justru Bandingkan Harga Pertamax dan Shell Super
Erick Thohir memberikan catatan, bahwa harga BBM Pertamax sejatinya mengikuti pasar, namun pada kenyataannya tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah. Ia pun membandingkannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memberikan catatan, bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax sejatinya mengikuti pasar, namun pada kenyataannya tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah. Kondisi ini secara tidak langsung membuat subsidi yang harus digelontorkan semakin besar.

"Pertamax pun sebenarnya disubsidi oleh pemerintah, nah ini salah satu menjadi catatan yang cukup menggelitik. Kalau misalnya kita mengisi bensin Pertamax, kok harganya bisa murah, sebenarnya itu subsidi. Sama juga kalau kita lihat yang namanya Pertalite dan juga yang namanya Solar itu disubsidi, cukup luar biasa angkanya," tutur Erick Thohir saat rapat kerja (raker) bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (24/8/2022).



Lebih lanjut Erick Thohir mengaku belum bisa memberikan pernyataan rinci ihwal rencana kenaikan harga Pertalite dan Solar subsidi yang terus menggema. Menteri Erick menyebut pihaknya masih menunggu penugasan dari pemerintah.

"Ini yang mungkin saya bisa sampaikan pada saat ini, karena terus terang belum ada kelanjutan. Nanti mungkin kalau memang sudah menjadi kebijakan pemerintah, saya bisa sampaikan," bebernya.



Erick juga membandingkan harga BBM jenis Pertamax milik Pertamina dan Shell Super punya Royal Dutch Shell plc. Menurutnya, harga kedua produk BBM itu memiliki tarif yang berbeda, padahal nilai RON dari kedua jenis bahan bakar ini serupa.

"Kalau lihat harga BBM, kita dibandingkan contohnya saja misalnya Pertamina Pertamax-nya itu harganya Rp 12.500, kalau kita lihat isi di Pom Bensin yang Shell atau lain-lain itu harga Rp 17.000," ungkap Erick Thohir.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)