Harga Telur Naik Tinggi, Pengusaha Makanan Skala Kecil Menjerit

Kamis, 25 Agustus 2022 - 07:59 WIB
loading...
Harga Telur Naik Tinggi, Pengusaha Makanan Skala Kecil Menjerit
Pengusaha makanan skala kecil terpukul oleh kenaikan harga telur ayam belakangan ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman seluruh Indonesia (Gapmmi) mengeluhkan naiknya harga telur ayam di pasaran. Industri makanan dan minuman, khususnya yang berskala kecil disinyalir paling terdampak oleh kenaikan harga tersebut.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S Luktio mengatakan, industri makanan skala kecil biasanya membeli stok bahan baku secara harian. Karena itu, ketika ada bahan baku yang harganya tiba-tiba naik tinggi, keuangan mereka langsung terpukul.



"Industri kecil daya tahannya rendah. Mereka bahan bakunya beli harian atau mingguan. Bukan kayak yang besar ada inventory berbulan-bulan, jadi kalau industri kecil kalau bahan baku tiba-tiba naik, mereka nggak kuat," ujar Adhi, Kamis (25/8/2022).

Akubatnya, lanjut dia, industri makanan skala kecil mau tidak mau mengurangi takaran telur sebagai bahan baku pembuatan makanan. Hal itu terpaksa dilakukan agar bisa bertahan di tengah situasi tersebut.

Bahkan, imbuh dia, tidak sedikit juga pelaku usaha yang memilih untuk menaikkan harga jual ke konsumen. Langkah ini juga terpaksa diambil pelaku usaha agar tidak nombok.

"Sama kayak tempe, kalau kedelai naik ya mereka menurunkan size-nya jadi setengah, terus ada juga yang punya strategi harganya naik. Sama telur gitu juga," kata Adhi.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) memaparkan bahwa idealnya harga telur berada di kisaran Rp28.000 sampai Rp29.000 per kilogram.



Namun saat ini terjadi kenaikan di sejumkah daerah. Rata-rata harga telur ayam ras terendah tercatat ada di Jambi seharga Rp26.000 per kilogram dan harga tertinggi di Papua Rp42.000 per kilogram. Sementara di DKI Jakarta harga telur mencapai Rp30.700 per kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)