8 Negara Penghasil Singkong Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Daftar?

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:38 WIB
loading...
8 Negara Penghasil Singkong Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Daftar?
Industri rumahan tapai singkong di Bogor, Jawa Barat. FOTO/MPI/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Delapan negara penghasil singkong terbesar di dunia. Singkong kini mulai naik kelas. Produk seperti singkong keju, singkong beku, serta sejumlah olahan lainnya berkembang dan banyak diminati bahkan telah masuk kafe dan hotel dengan berbagai modifikasi.

Berdasarkan laporan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), pada 2020 Nigeria menjadi negara produksi Singkong terbesar di dunia. Nigeria mampu menghasilkan singkong yang mencapai 59 juta ton. Berikut delapan negara penghasil singkong terbesar di dunia.

1. Nigeria
Menurut FAO, angka produksi singkong yang dihasilkan oleh Nigeria mampu menembus angka 60 juta ton. Fakta menariknya, sebagai negara penghasil singkong terbesar di dunia, salah satu negara dari benua Afrika itu memproduksi pasta hingga mie buatan dari singkong sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan ketahanan hidup penduduk di negaranya.

2. Kongo DR
Republik Kongo menjadi negara penghasil singkong terbesar di dunia kedua setelah Nigeria. Dengan angka produksi yang tercatat mencapai 41 juta ton singkong yang dihasilkan negara itu. Bagi penduduk Republik Kongo, singkong disebut sebagai tanaman ajaib, hal ini dikarenakan hampir seluruh penduduk Kongo sangat bergantung dengan hasil panen singkong. Lihat Foto: Produksi Tapai Singkong di Tengah Pandemi Covid-19 Tetap Stabil

Serat tepung yang dihasilkan oleh singkong biasanya digunakan untuk membuat tepung roti dan kue, sedangkan daunnya sebagai sumber yang kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Menurut International Institute of Tropical Agriculture singkong berasal dari Amerika tropis dan pertama kali dikenalkan kepada Kongo oleh Bangsa Portugis pada tahun 1558.

3. Thailand
Negara ketiga yang menjadi negara penghasil singkong terbesar di dunia yang ada di urutan ketiga adalah Thailand dengan hasil produksi sebesar 28 juta ton.

4. Ghana
Dengan memproduksi sekitar 21 juta ton singkong menurut FAO, Ghana berhasil menjadi negara keempat yang mampu memproduksi singkong terbesar di dunia.

5. Indonesia
Berada di urutan ke 5 sebagai penghasil singkong terbesar di dunia, hal ini tentu menunjukan bahwa singkong adalah sumber pangan terbaik untuk masyarakat Indonesia, dengan angka produksi 18,3 ton singkong.

Namun, yang sangat disayangkan bahwa, singkong belum menjadi bahan pangan utama untuk penduduk lokal dikarenakan banyaknya ketergantungan konsumsi pada beras. Hasil penelitian menunjukan, faktor iklim yang paling utama dalam proses produksi singkong di Indonesia adalah curah hujan.

6. Brazil
Memiliki selisih angka produksi yang tipis dengan Indonesia menjadikan Brazil sebagai negara ke 6 yang mampu memproduksi singkong dengan jumlah 18,2 ton singkong. Menurut pakar tanaman, ubi kayu ini berasal dari timur laut Brazil. Selain Brazil, Meksiko dan Amerika adalah negara lain di benua Amerika yang menjadi pusat pembudidayaan singkong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)