Hangatkan Suasana dengan Lantai Kayu

Rabu, 01 Juli 2020 - 09:57 WIB
loading...
A A A
Sebaliknya, parket sintetis yang harganya jauh lebih murah lebih memiliki ketahanan terbatas, warna serta teksturnya jika sudah lama akan memudar. “Engineered parket tergolong natural wood namun merupakan kombinasi beberapa kayu dengan kualitas berbeda yang disusun dalam 3 sampai 4 lapisan,” tambah Denny.

Ada juga laminate parket yang terbuat dari campuran serbuk kayu dan lem yang di press dan permukaannya dilapisi kertas atau plastik atau fiber bermotif kayu. Setiap jenis parket memiliki kelebihan dan kekurangannya tergantung dari kebutuhan yang ingin Anda gunakan.

Pada umumnya parket yang ada dipasaran dijual dalam bentuk potongan persegi, persegi panjang, dan segitiga. Jadi, Anda bisa berkreasi dengan berbagai motif yang disesuaikan dengan gaya ruangan. Pemasangan parket relatif mudah dan cepat, Anda tidak harus membongkar lantai kramik, atau pun plesteran. Jadi, si parket bisa langsung ditempelkan di atasnya, dengan menggunakan sistem pemakuan dan pengeleman.

“Sebagai finishing untuk lantai parket bisa menggunakan pelitur, vernis, dan cat kayu. Setiap bahan finishing biasanya akan menimbulkan efek berbeda, tergantung tinggal kebutuhannya,”ungkap Denny.

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah memberi lapisan zat anti rayap. Parket bisa diaplikasikan di bagian mana pun di rumah Anda. Pilih jenis yang bisa disesuaikan dengan dana Anda, perawatannya pun relatif mudah dan bisa ditangani oleh siapa pun. (Lihat videonya: Lima Rumah Warga terseret Longsor di Palopo)

Nah, apakah Anda tertarik mengaplikasikan bahan parket sebagai pelapis lantai? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)

Tips Sebelum Memasang Lantai Kayu

Untuk menentukan pilihan lantai kayu, inilah beberapa pertimbangan yang harus diketahui sebelum memasangnya:

1. Fungsi ruang

Untuk jenis ruang dan tingginya traffic gunakan lantai kayu untuk ruang dan tempat yang traffic dan beban penggunaannya tidak terlalu tinggi. Ruangan yang menjadi pusat kegiatan dan traffic-nya tinggi tidak cocok diberi lantai kayu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)