Open Day, Kementan Pamer Produk Pertanian bagi Milenial Usia Sekolah

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 17:39 WIB
loading...
Open Day, Kementan Pamer Produk Pertanian bagi Milenial Usia Sekolah
Kegiatan Open Day menampilkan beberapa manfaat program YESS yang diharapkan menggugah cara pandang para siswa SMK dan SMP untuk melihat potensi pertanian dan peternakan Pacitan.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Malang bersama Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) menggelar pameran hasil produksi bidang pertanian bertajuk Open Day di SMK Negeri 1 Nawangan, Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Kamis (25/8/2022).

Kegiatan Open Day dihadiri 250 peserta yang merupakan siswa/i SMK Negeri 1 Nawangan serta menghadirkan seluruh kepala sekolah SMK di Kabupaten Pacitan. Selain itu kepala sekolah beserta guru dan para siswa SMP di wilayah Kecamatan Nawangan, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Pacitan.

Kegiatan ini juga dihadiri kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Pacitan dan perwakilan dari Polbangtan Malang selaku PPIU Program YESS Jawa Timur. Tujuan kegiatan adalah mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri, dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausahawan pertanian. “Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini,” kata Mentan SYL dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/8/2022).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS.

“Pertama Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, membidik para pemuda agar memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” katanya.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nawangan, Nurul Lindawati menyampaikan harapan dari kegiatan tersebut, mampu menarik minat kewirausahaan para siswa dalam bidang pertanian, melihat potensi pertanian dan peternakan yang ada di wilayah sekitar.

“Diharapkan muncul passion pada dunia pertanian. Menjadi generasi andal dan berpikiran maju untuk membuka pandangan tentang dunia pertanian yang selama ini dianggap bukan dunia yang keren untuk masa depan anak-anak. Diharapkan ke depan, anak-anak menjadi generasi muda yang mampu menerapkan teknologi dalam pengembangan dunia pertanian,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)