5 Negara Penghasil Kayu Bulat Terbesar di Dunia

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 21:30 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Kayu Bulat Terbesar di Dunia
Lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia. Pada perkembangannya, kayu menjadi salah satu hasil hutan yang cukup dibutuhkan. Kayu sendiri memiliki beberapa jenis dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Salah satu di antaranya adalah kayu bulat. Tercatat, beberapa negara di dunia memiliki produksi kayu bulat yang cukup besar. Sebagian ada yang menggunakan untuk kepentingan dalam negeri. Namun, ada juga sebagian lain yang mengekspor hasil kayu bulat ke negara-negara lain.

Berdasarkan laporan Global Forest Products Facts and Figures milik FAO, berikut lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan menghasilkan sekitar 360 juta meter kubik kayu bulat pada tahun 2015. Jika melihat grafiknya, angka ini mengalami kenaikan yang signifikan sejak tahun 2011.

Adapun sebagian besar hasil produksinya digunakan untuk konsumsi dalam negeri. Sedangkan sebagian kecilnya turut diekspor ke berbagai negara di dunia.

2. Rusia

Rusia bertengger di posisi kedua dalam negara penghasil kayu terbesar di dunia. Pada tahun 2015, Moskow memproduksi kayu bulat sekitar 190 juta meter kubik. Melihat grafiknya sejak tahun 2011, angka tersebut menjadi yang terbesar.

Berbeda dengan Amerika Serikat, tingkat penggunaan produk kayu bulat dalam negeri tidak terlalu besar. Justru, Rusia menjadi eksportir kayu bulat terbesar di dunia dalam kurun 2011-2015.

3. China

Pada tahun 2015, China menghasilkan sekitar 160 juta meter kubik kayu bulat. Tak hanya mengandalkan produksi dalam negeri, Negeri Tirai Bambu juga turut mengimpor kayu bulat dari negara lain.

Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Rusia, China menjadi negara yang terbesar dalam impor kayu bulat. Angka tertingginya terjadi pada tahun 2014 yang mencapai 52 juta meter kubik kayu bulat.

4. Kanada

Beralih ke Kanada, negara ini memproduksi sekitar 150 juta meter kubik kayu bulat pada 2015. Melihat grafiknya sejak tahun 2011, angka produksi kayu bulat ini konsisten di besaran tersebut.

Sama halnya seperti Amerika Serikat, Kanada juga menggunakan sebagian besar hasil kayu bulat dalam negeri untuk digunakan sendiri. Sedangkan sisa sebagian kecilnya turut diekspor ke negara-negara lain.

5. Brazil

Brazil menempati posisi kelima dalam negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia. Pada tahun 2015, negara Amerika Latin ini menghasilkan kayu bulat sekitar 130 juta meter kubik.

Melihat dari perbandingan produksi sejak 2011, angka tersebut mengalami sedikit penurunan. Adapun produksi terbesarnya terjadi pada 2012 yang mencapai 150 juta meter kubik kayu bulat. Demikian ulasan mengenai negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)